SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai dan Tinggi Badan Terhadap Tendangan Longpass Di Tim Sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Universitas Negeri Malang.

Fathol Bari

Abstrak


ABSTRAK

 

Bari, Fathol. 2011 Hubungan Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai dan Tinggi Badan Terhadap Tendangan Longpass Di Tim Sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing I. Drs. Mahmud Yunus, M. Kes, . Pembimbing II. Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Tinggi Badan dan Tendangan Longpass

 

            Pada Tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan banyak terlihat untuk melakukan operan jarak jauh (Tendangan Longpass) sangat sulit dilakukan apalagi yang belum menguasai teknik menendang dengan benar. Kebanyakan anak-anak apabila melakukan operan jarak jauh (Tendangan Longpass) sangat sulit kalau tidak mencapai sasaran pasti bola tidak jauh. Tendangan Longpass (Operan jarak jauh) sebagai salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang dilakukan dengan cara menendang bola ke sasaran yang telah ditentukan, harus dikuasai oleh seorang pemain, karena keterampilan tersebut membantu dalam membangun serangan ke arah pertahanan lawan dan sekaligus menciptakan peluang untuk terjadinya gol.

            Tujuan diadakan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hubungan antara panjang tungkai dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (2) Untuk mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (3) Untuk mengetahui hubungan antara tinggi badan dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan. (4) Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara panjang tungkai dan tinggi badan dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan.

Rancangan penelitian yang digunakan untuk menganalisis hubungan antara panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan ini dirancang menggunakan penelitian kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh anggota tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan pada periode 2011 yang berjumlah 38 orang. Sementara yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 38 orang, sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunkan analisis statistik dengan metode regresi linier berganda (multiple regression), uji F dan Uji t.

Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa (1) Ada hubungan antara panjang tungkai dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan secara signifikan dengan memiliki hubungan yang lemah. (2) Ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan secara signifikan dengan memiliki hubungan yang lemah (3) Ada hubungan antara tinggi badan dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan secara signifikan dengan memiliki hubungan yang lemah. (4) Ada hubungan antara panjang tungkai, tinggi badan dengan jauhnya tendangan longpass di tim sepakbola Singanala Putra Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan secara signifikan dengan memiliki hubungan yang lemah.

Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti mengajukan saran-saran sebagai berikut : (1) Panjang tungkai, kekuatan otot tungkai dan tinggi badan dalam permaian sepak bola berhubungan dengan jauhya tendangan longpass sehingga komponen tersebut tidak boleh dikesampingkan dalam membina permainan sepak bola, (2) Dalam penyusunan program latihan sepak bola melakukan tendangan, hendaknya seorang pelatih perlu memperhatikan faktor fisik yang berhubungan dengan peningkatan prestasinya. (3) Bagi peneliti lain untuk melakukan penelitian lebih lanjut dengan variabel yang lebih banyak yang berhubungan dengan jauhnya tendangan longpass (4) Hasil penelitian masih aktual sehingga diperlukan untuk mengkaji lebih lanjut faktor-faktor lain yang termasuk dalam penelitian ini.