SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya O’Brien Menggunakan Media Bola Plastik Pada Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung

eko yudha kustian

Abstrak


ABSTRAK

 

Kustian, E.Y. 2011. Peningkatan Keterampilan Tolak Peluru Gaya O’Brien Menggunakan Media Bola Plastik Pada Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Ngunut Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung.. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto M.Kes., (II) Drs. Oni Bagus Januarto M.Kes.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Tolak Peluru Gaya O’Brien, Media, Bola Plastik

Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga atletik. Tolak peluru merupakan salah satu materi atletik yang terdapat dalam standar kompetensi Sekolah Menengah Atas kelas X. Salah satu kompetensi dasarnya yaitu siswa menguasai keterampilan tolak peluru. Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan tolak peluru gaya O’Brien siswa kelas X F SMA Negeri 1 Ngunut ternyata masih banyak siswa yang melakukan kesalahan saat melakukannya. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang melakukan kesalahan  pada saat melakukan gerakan tolak peluru gaya O’Brien yaitu, 20 siswa mengalami kesulitan pada saat awalan, 21 siswa mengalami kesulitan pada saat gerakan sebelum tolakan, 24 siswa mengalami kesulitan pada saat melakukan gerakan tolakan.

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya O’Brien pada siswa kelas XF SMA Negeri 1 Ngunut.  Dalam pembelajaran tolak peluru masing-masing indikator ini harus diperhatikan untuk memberikan penilaian pada siswa.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, (4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XF SMA Negeri 1 Ngunut. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan), dokumentasi, tes dan catatan lapangan..

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Pada siklus I siswa yang pada awalnya 22 orang yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu 75 berkurang menjadi 8 siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Dari hasil tersebut menunjukan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan tolak peluru gaya O’Brien yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat pra tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir penerapan. Untuk hasil post-test siklus II juga menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan teknik tolak peluru gaya O’Brien. Dari 8 siswa yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal yaitu 75 pada siklus 2 ini hanya tinggal 1 siswa saja yang belum memenuhi standar ketuntasan minimal. Selain hal tersebut diperoleh hasil persentasi keberhasilan sebagai berikut dari aspek cara memegang peluru sebanyak 100%, dari aspek awalan sebanyak 100% dari aspek gerakan sebelum tolakan  sebanyak 91,67% , dari aspek tolakan sebanyak 91,67% dan dari aspek sikap akhir  sebanyak 100%. Selain hasil persentase mengenai teknik tolak peluru gaya O’Brien, diperoleh pula hasil dari pengamatan sikap siswa pada saat proses pembelajaran, pada siklus 1 siswa ada yang terlambat, siswa tidak berpakaian dengan lengkap, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat guru menjelaskan materi. Namun pada siklus 2 sudah  terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan siklus I, pada siklus 2 ini sudah tidak ada siswa yang terlambat, siswa yang menyimpang menjadi lebih disiplin, siswa melakukan proses belajar dengan baik, dan siswa sudah menguasai keterampilan tolak peluru gaya O’Brien dengan baik dan benar. Walaupun pada post-test siklus II masih terdapat siswa yang belum tuntas, ini adalah wajar karena cukup sulit untuk mencapai taraf keberhasilan 100% siswa tuntas semua.

Peneliti menyarankan, bagi guru dapat memperkaya pengetahuan dan model pembelajaran tolak peluru gaya O’Brien yang sudah diperbaiki, bagi siswa dapat digunakan sebagai pedoman belajar, bagi sekolah dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk keberhasilan pembelajan Pendidikan Jasmani dan bagi peneliti dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian yang berkaitan dengan materi pada skripsi ini.