SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Tahap-Tahap Pembelajaran Keterampilan Teknik Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang Untuk Siswa Kelas VII Di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep.

andi fepriyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Fepriyanto, Andi. 2011. Pengembangan Buku Panduan Tahap-Tahap Pembelajaran Keterampilan Teknik Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang Untuk Siswa Kelas VII Di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:    (1) Drs. Lokananta Teguh HW, M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci : pengembangan, pendidikan jasmani, buku panduan pembelajaran.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap pembelajaran guru pendidikan jasmani di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep pada tanggal 31 Januari 2011 tentang pembelajaran senam lantai guling depan dan guling belakang. Siswa terlihat letih dan kurang bersemangat belajar keterampilan gerakan teknik guling depan dan guling belakang sehingga kebanyakan siswa tidak bisa melakukan keterampilan teknik guling depan dan guling belakang dengan baik. Guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan belum mempunyai buku panduan sehingga buku panduan tersebut dibutuhkan. oleh karena itu peneliti ingin membuat pengembangan buku panduan tahap-tahap pembelajaran keterampilan teknik senam lantai guling depan dan guling belakang untuk siswa kelas VII di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep.

Dalam pengembangan buku panduan tahap-tahap pembelajaran keterampilan teknik senam lantai guling depan dan guling belakang untuk siswa kelas VII di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall yang dimodifikasi (1983:775), yaitu peneliti hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada. Menurut Ardana (2002:9) bahwa Setiap pengembangan tentu saja dapat memilih dan menentukan langkah-langkah yang paling tepat bagi dirinya berdasarkan kondisi khusus yang dihadapinya dalam proses pengembangan.

Penelitian ini dilakukan di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli terdiri dari, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli senam dan 1 ahli media, (2) uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 8 siswa kelas VII UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep, (3) uji coba kelompok besar dengan melibatkan 32 siswa VII UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep.

Dari hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan buku panduan tahap-tahap pembelajaran keterampilan teknik senam lantai guling depan dan guling belakang untuk siswa kelas VII di UPT. SMP Negeri 2 Saronggi Kabupaten Sumenep dengan persentase 87,63% dengan makna digunakan. Sedangkan hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh dengan persentase 84,95% dengan makna digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya subjek penelitian ini dilakukan pada yang lebih luas maupun kepada siswa kelas VII di sekolah lain.