SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi tentang Perilaku Hidup Sehat Siswa Kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Negeri Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan

dian wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Dian. 2011. Studi tentang Perilaku Hidup Sehat Siswa Kelas IV, V dan VI Sekolah Dasar Negeri Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot S., M. Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M. S.

 

Kata kunci: perilaku, kesehatan, perilaku hidup sehat, siswa Sekolah Dasar

Sekolah merupakan sebuah lembaga tempat anak didik memperoleh pendidikan dan pelajaran yang diberikan oleh guru. Sekolah mempersiapkan anak didik memperoleh ilmu pengetahuan dan ketrampilan, agar mampu berdiri sendiri dalam masyarakat. Melalui sekolah, perilaku siswa dapat dibentuk dan diarahkan.

Perilaku adalah sesuatu yang dilakukan individu. Hal ini sesuai dengan pernyataan Notoatmodjo (2003:114) yang merumuskan bahwa perilaku adalah “semua kegiatan atau aktivitas manusia, baik yang dapat diamati langsung, maupun yang tidak dapat diamati oleh pihak luar”. Salah satunya yaitu perilaku hidup sehat. Perilaku-perilaku individu yang dapat memelihara dan meningkatkan derajat kesehatannya disebut dengan perilaku hidup sehat. Menurut Suliha dkk (2001:14) perilaku hidup sehat adalah perilaku individu, kelompok, dan masyarakat menuju hal-hal yang positif melalui pendidikan kesehatan. Pembinaan perilaku hidup sehat sejak dini melalui pendidikan kesehatan merupakan salah satu usaha yang digunakan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang baik. Salah satu masalah yang timbul di sekolah yaitu tentang perilaku hidup sehat anak usia sekolah, terutama untuk hal yang paling mendasar yaitu kesehatan fisiknya. Siswa SDN Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan masih banyak yang belum membiasakan perilaku hidup sehat, seperti jajan di sembarang tempat, makan tanpa mencuci tangan dahulu, bermain di halaman sekolah yang berdebu, dan perilaku lain yang belum mencerminkan perilaku hidup sehat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji perilaku hidup sehat fisik siswa kelas IV, V, dan VI SDN Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Perilaku hidup sehat fisik terdiri dari indikator memelihara kebersihan dan kesehatan pribadi dan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, dan VI SDN Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo yang seluruhnya berjumlah 48 siswa. Dalam penelitian ini seluruh populasi dijadikan sampel sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang terdiri dari 35 pertanyaan dan selanjutnya dilakukan pengamatan perilaku hidup sehat fisik terhadap siswa yang menjadi sampel secara acak (random) yang terdiri dari 10 item pengamatan.

Berdasarkan hasil penelitian, variabel perilaku hidup sehat dengan indikator memelihara kebersihan dan kesehatan pribadi mempunyai persentase sebesar 59,07%, sehingga termasuk dalam kategori cukup baik, indikator memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan mempunyai persentase sebesar 73,44%, sehingga termasuk dalam kategori cukup baik. Secara keseluruhan dari indikator tersebut maka jumlah rata-rata persentase variabel perilaku hidup sehat fisik mempunyai persentase sebesar 66,25%, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan termasuk dalam kategori cukup baik.

Hasil pengamatan terhadap perilaku hidup sehat fisik siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 66,04%. Maka dapat disimpulkan bahwa perilaku hidup sehat siswa kelas IV, V, dan VI Sekolah Dasar Negeri Pagerejo IV Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan dari hasil pengamatan perilaku hidup sehat fisik termasuk dalam kategori cukup baik.