SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Kegiatan Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang.

galih faried sandy

Abstrak


ABSTRAK

 

Sandy, G.F. 2011. Studi Tentang Kegiatan Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mahmud Yunus M.Kes (II) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd

 

Kata kunci: kegiatan guru pendidikan jasmani, pengelolaan kelas.

Kegiatan guru pendidikan jasmani adalah suatu kegiatan yang dilakukan dalam oleh seorang pengajar atau guru pendidikan jasmani yang dilakukan pada saat jam pembelajaran kepada siswa berupa materi pembelajaran pendidikan jasmani, dalam hal ini biasanya berupa materi praktek yang dilaksanakan di lapangan. Pengelolaan kelas merupakan suatu usaha yang dilakukan oleh seorang pengajar dalam rangka menciptakan suasana yang bebas tetapi tetap tenang dan tertib agar terlaksana kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien. Dalam penulisan skripsi ini, penulis membahas mengenai pengelolaan kelas pendidikan jasmani di SMP N se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Hal ini dilatarbelakangi yaitu masih ada yang tidak menggunakan salah satu keterampilan pengelolaan kelas saat pembelajaran, misalnya kurang tepatnya pemakaian bentuk formasi dalam mengajar, bahkan dalam pembelajaran guru tidak memperhatikan tingkah laku siswa. Sehingga saat proses pembelajaran pendidikan jasmani, siswa banyak yang tidak memperhatikan pelajaran atau materi yang diajarkan oleh guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kegiatan guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan pengelolaan kelas pada saat praktek di lapangan di SMP Negeri se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kuantitatif.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen pedoman observasi dan dokumentasi. peneliti menggunakan teknik observasi sistematis yaitu dengan menggunakan suatu pedoman pengamatan APKG II. Subyek penelitian ini menggunakan populasi guru pendidikan jasmani SMP N se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang yang berjumlah tujuh orang guru pendidikan jasmani.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pengelolaan kelas pada pelaksanaan tahap pendahuluan memiliki rata-rata persentase 91,43% dan apabila dimasukkan dalam kategori penilaian tergolong baik. Pada pelaksanaan tahap inti memiliki rata-rata persentase 91,25% dan apabila dimasukkan dalam kategori penilaian tergolong baik. Pada pelaksanaan tahap penutup memiliki rata-rata persentase 67,86% dan apabila dimasukkan dalam kategori penilaian tergolong cukup baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan guru pendidikan jasmani dalam pelaksanaan pengelolaan kelas dalam pendidikan jasmani di SMP N se-Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang secara keseluruhan memiliki rata-rata persentase 83,51% yang artinya baik.