SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Panduan Latihan Beban Bagian Perut untuk Member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan (SKIK) Universitas Negeri Malang

Galih Rosydian Syah

Abstrak


ABSTRAK

 

Latihan beban adalah jenis umum latihan kekuatan untuk mengembangkan kekuatan dan ukuran otot rangka. Dengan menggunakan gaya gravitasi (dalam bentuk bar berbobot, dumbbell, barbell atau tumpukan beban) untuk melawan gaya yang dihasilkan oleh kontraksi otot. Latihan beban dapat menjaga kekuatan dan ketahanan otot, serta menguatkan tulang.

Penyampaian informasi tentang latihan beban dapat disampaikan melalui buku, gambar, video, kaset, dan sebagainya. Peneliti memilih video untuk menyampaikan informasi mengenai latihan beban khususnya untuk otot bagian perut. Video panduan ini dirancang secara sistematis dengan berpedoman pada prinsip-prinsip latihan beban yang telah ada sebelumnya sehingga memungkinkan member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang dapat menerima informasi tentang latihan beban bagian perut lebih mudah dan menarik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video panduan latihan beban bagian perut untuk member di Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan (SKIK) Universitas Negeri Malang. Dengan adanya pengembangan video panduan latihan beban bagian perut ini dapat mempermudah member dalam memahami gerakan-gerakan dan berbagai macam latihan beban khususnya bagian perut.

Peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: (1) menentukan masalah penelitian; (2) mengumpulkan informasi, (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (3) merancang produk yang berupa video panduan; (4) Uji ahli, (a) uji ahli media (1 orang), (b) uji ahli kebugaran jasmani (1 orang); (c) uji ahli latihan beban (1 orang); (5) revisi I; (6) uji coba kelompok kecil sejumlah 10 member Sanggar Kebugaran Ilmu Keolahragaan; (7) uji coba kelompok besar sejumlah 35 member; (8) revisi II; (9) produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Hasil pengembangan ini berupa video panduan latihan beban bagian perut untuk member di Sanggar Kebugaran Ilmu keolahragaan Universitas Negeri Malang. Hasil persentase uji coba kelompok kecil adalah 85,9% dan Hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 84%. Dari persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini dapat digunakan. Diharapkan hasil ini dapat diuji cobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada fitness center lain yang ada di kota Malang. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.