SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MATRAS MODIFIKASI PADA PEMBELAJARAN SENAM LANTAI DI SDN BAYEMAN I KECAMATAN TONGAS KABUPATEN PROBOLINGGO

Akhmad Hidayat

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayat, Akhmad. 2011. Pengembangan Matras Modifikasi pada Pembelajaran Senam Lantai di SD Negeri Bayeman I Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd. (2) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, Matras modifikasi, Pendidikan Jasmani,

Senam Lantai Matras modifikasi merupakan salah satu alat bantu belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan khususnya pada pembelajaran senam lantai di SD Negeri Bayeman I Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Pembuatan matras modifikasi ini memanfaatkan potensi lingkungan alam khususnya daerah Probolinggo yang kaya akan kelapa, sehingga matras modifikasi ini berbahan dasar sabut kelapa. Matras ini dikembangkan sesuai dengan kebutuhan guru serta siswa pada matras yang selama ini sudah rusak. Matras modifikasi yang berbahan dasar sabut kelapa ini diolah, dikembangkan, serta diuji kelayakannya guna mendapatkan hasil yang optimal. Dengan adanya matras modifikasi ini diharapkan dapat membantu pembelajaran serta sebagai pengganti matras yang sudah tidak dapat digunakan lagi. Sesuai dengan latar belakang diatas penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan matras modifikasi sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang memiliki fungsi sebagai pengganti matras matras standar pada senam lantai pada umumnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775).

Peneliti tidak menggunakan keseluruhan dari langkah- langkah Borg and Gall tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang berpedoman pada Ardhana (2002:9). Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan matras modifikasi ini adalah sebagai berikut: 1) Riset dan pengumpulan informasi termasuk mengkaji pustaka dan observasi lapangan. 2) Perencanaan bentuk pengembangan matras modifikasi. 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli senam lantai dan 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani. 4) Revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan berupa produk awal). 5) Uji coba kelompok kecil yang diadakan di sekolah dengan 6-14 subyek dalam yang diteliti menggunakan kuesioner kemudian di analisa. 6) Uji coba lapangan diadakan di sekolah dengan 10-80 subyek yang diteliti. 7) Revisi produk dari hasil uji coba lapangan dengan menggunakan kelompok besar, yang menghasilkan produk berupa matras modifikasi pada pembelajaran senam lantai di SD Negeri Bayeman I Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Hasil revisi produk dari tinjauan para ahli menyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk. Dari hasil analisis uji coba (kelompok kecil) diperoleh bahwa pengembangan matras modifikasi pada pembelajaran senam lantai di SD Negeri Bayeman I Kecamatan ii Tongas Kabupaten Probolinggo memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%. Sedangkan dari hasil analisis uji lapangan (kelompok besar) di atas, maka diperoleh bahwa pengembangan matras modifikasi pada pembelajaran senam lantai di SD Negeri Bayeman I Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 14 siswa dan uji kelompok besar yang berjumlah 72 siswa kelas IV dan V SD Negeri Bayeman I Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa matras modifikasi sebagai pengganti matras standar yang memiliki harga lebih ekonomis diharapkan dapat dijadikan alat bantu pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pada materi senam lantai.