SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MENOLAK PADA TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING SISWA KELAS X-1 MADRASAH ALIYAH PEMBANGUNAN KABUPATEN LAMONGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN

Hendra Setiawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Setiawan, Hendra. 2011. Upaya Peningkatan Keterampilan Menolak pada Tolak Peluru Gaya Menyamping Siswa Kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan Menggunakan Metode Bermain. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Upaya Peningkatan, Keterampilan, Tolak Peluru Gaya Menyamping,Metode Bermain.

Berdasarkan hasil observasi awal,  diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik saat menolak yaitu 68%. Oleh karena itu perlu adanya pembaharuan metode penyampaian materi yaitu dengan penerapan metode bermain untuk menghindarkan siswa menjadi bosan dan kurang kreatif. Peneliti menulis ini dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan keterampilan menolak pada materi tolak peluru gaya menyamping  pada siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan dengan menggunakan media bermain.

Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan

Hasil penelitian ini telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan siswa dari siklus ke siklus. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di Madrasah Aliyah Pembangunan, metode bermain dapat dijadikan alternatif  pilihan dalam pembelajaran tolak peluru gaya menyamping karena  berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan keterampilan tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengunaan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan menolak pada tolak peluru gaya menyamping siswa kelas X-1 Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan . Metode permainan yang digunakan yaitu permainan lonceng, gerobak dorong, permainan melempar bola sejauh-jauhnya, permainan melempar bola melewati tali yang di laksanakan secara bergantian, dan permainan melempar bola mengenai sasaran.

 

ABSTRACT

 

Setiawan, Hendra. 2011.  Raising the laterally style shot-put skill of grade X-I  students of Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan Using Playing Game Method. Thesis. Sport and Health Education Department, Sport Science Faculty, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Keywords: Raising, Skill, laterally style shot-put, Playing Method

Based on a preliminary study, it was observed that the shot-put skill of grade X-I  students of Madrasah  Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan were still featured by students’ mistakes  especially for the shot technique with percentage 68%. Therefore,   it needed a new method to deliver the subject with playing method in order to avoid the students become bored and uncreative. The purpose of this study is to know the ability and the increase of the shot technique in laterally style shot-put  students of Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan.

This study is a classroom action research with quantitative descriptive approach. The execution of this study is in two cycles with each cycle consists of four steps; (1) planning, (2) applying, (3) observing and (4) reflection. The subject of the study is the grade X-I  students of Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan. The data collection  instruments used in this study are observation, documentation and test.

The findings of this study are proven to be qualified to improve students’ skill in each cycle. Based on this study, researcher suggest to the sport teacher in Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan that playing game method can be used as one of the alternatives in teaching laterally style shot-put students of Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan.

Based on the findings of the study, can  be concluded that playing game method can be used as one of the alternatives in teaching laterally style shot-put students of Madrasah Aliyah Pembangunan Kabupaten Lamongan. The playing method that used in this study such as bell, push cart, throw the ball, throw ball across the rope, and throw the ball in to the target.