SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN VCD PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MERODA PADA SENAM LANTAI UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 8 PASURUAN

Fany Widyasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Widyasari, Fany. 2011. Pengembangan VCD Pembelajaran Keterampilan Meroda pada Senam Lantai untuk Kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh Hari Wiguno, M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, VCD pembelajaran, keterampilan meroda.

Media audio visual adalah media yang melibatkan indera pendengaran dan penglihatan sekaligus dalam suatu proses. Video merupakan media audio visual yang menampilkan gerak dan suara yang berupa pesan atau materi belajar yang bisa bersifat fakta, maupun fiktif, bersifat informatif, edukatif maupun instruksional. Oleh karena itu, peneliti memilih video untuk menyampaikan informasi mengenai keterampilan meroda pada senam lantai yang dikemas dalam bentuk video compact disk (VCD). Video pembelajaran keterampilan meroda ini dirancang secara sistematis sehingga siswa dapat menerima informasi lebih mudah dan menarik. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan VCD pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai untuk kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan.

Dalam penelitian pengembangan ini, peneliti menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai adalah sebagai berikut: 1) pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada 30 siswa dan 1 orang guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan kelas VIII, 2) perencanaan penelitian, 3) menyusun produk awal. Produk awal yang sudah terbentuk di evaluasi para ahli, 4) uji coba lapangan pada kelompok kecil dengan menggunakan 6 orang siswa, 5) revisi hasil dari uji coba sesuai dengan saran dan masukan hasil uji coba kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar dengan menggunakan 30 orang siswa, 7) menyempurnakan dan merevisi produk sesuai dengan saran dan masukan dari hasil uji coba produk akhir.

Berdasarkan hasil analisis data terhadap uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan hasil persentase uji coba kelompok besar adalah 89,15%. Dari persentase tersebut menyatakan bahwa produk ini baik dan dapat digunakan. Produk pengembangan VCD pembelajaran keterampilan meroda pada senam lantai, diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dalam memberikan materi pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan terutama pada kompetensi dasar keterampilan meroda dan dapat membantu siswa dalam belajar serta berlatih keterampilan meroda.