SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD Pembelajaran Teknik Dasar Headstand Pada Senam Lantai Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Pasuruan

Akhmad Nur Shalih

Abstrak


ABSTRAK

 

Shalih, Akhmad Nur. 2011. Pengembangan VCD Pembelajaran Teknik Dasar Headstand Pada Senam Lantai Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Pasuruan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H. W, M.Kes (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, VCD pembelajaran, teknik dasar headstand, senam lantai.

Teknik dasar headstand merupakan salah satu materi yang diajarkan pada kelas VIII di SMP Negeri 8 Pasuruan. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan, pada pelaksanaan pembelajaran guru memberikan latihan gerobak dorong, sit up dan back up kemudian pada materi inti guru meberikan contoh sikap headstand setelah itu siswa disuruh melakukan sikap headstand, sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan sikap headstand. Dalam proses pembelajaran guru memerlukan sarana yang mendukung dan kreativitas yang beraneka ragam untuk mencapai suatu pembelajaran yang maksimal. Salah satu sarana yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah dengan tersedianya media VCD pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alat untuk membantu pemahaman siswa dalam proses belajar mengajar. Guru mata pelajaran pendidikan jasmani SMP Negeri 8 Pasuruan menyatakan belum ada video pembelajaran tentang materi teknik dasar headstand pada senam lantai dan menyatakan memerlukan video pembelajaran teknik dasar headstand pada senam lantai, oleh karena itu peneliti bertujuan mengembangkan VCD pembelajaran teknik dasar headstand pada senam lantai untuk membantu penjelasan tentang cara melakukan sikap headstand.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar headstand pada senam lantai adalah sebagai berikut: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (kajian pustaka, observasi ke sekolah, dan analisis kebutuhan), 2)Mengembangkan bentuk produk awal (penyiapan materi pengajaran, buku petunjuk yang akan digunakan, dan perlengkapan evaluasi), 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media, 1 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, dan 1 ahli senam. Data kuesioner dikumpulkan dan dianalisis, kemudian melakukan revisi produk awal, 4)Melakukan uji coba (kelompok kecil) terhadap produk awal (dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan dengan menggunakan 6 subyek yang di ambil 1 siswa dari masing-masing kelas), kemudian data kuesioner dikumpulkan dan dianalisis, 5) Melakukan revisi terhadap produk pertama yang berdasarkan dari hasil kuesioner uji coba (kelompok kecil), 6)Melakukan uji lapangan (kelompok besar) yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan dengan menggunakan 30 subyek yang di ambil 5 siswa dari masing-masing kelas, kemudian data kuesioner dikumpulkan dan dianalisis, 7) Melakukan revisi produk akhir berdasarkan dari hasil kuesioner, sehingga menjadi produk akhir pengembangan.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba (kelompok kecil) terhadap 6 orang siswa dan uji lapangan (kelompok besar) terhadap 30 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan VCD pembelajaran teknik dasar Headstand untuk siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Pasuruan tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 76% - 100%.

Hasil pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan dan hasil penelitian dan pengembangan ini, diharapkan dapat diuji cobakan pada lingkup yang lebih luas.

 

ABSTRACT

 

Shalih, Akhmad Nur. 2011. The Development of VCD for Basic Learning of Headstand Technique in Floor Gymnastics for Grade VIII Students at SMP Negeri 8 Pasuruan. Thesis, Department of Physics Education, Faculty of Physics, State University of Malang. Supervisors: (I) Drs. Lokananta Teguh H. W, M.Kes (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Keywords: development, VCD learning, basic technique of headstand, floor Gymnastics.

In SMP Negeri 8 Pasuruan, headstand basic technique is one of the materials which is taught in grade VIII. Based on the observation and needs analysis, the implementations of teacher learning provided wheelbarrow exercise, sit up and back up, then on the main material the teacher gave the example of the movement after the students were asked to make a move, many students had difficulty in doing the movement. In the learning process, the teacher required a means of supporting tools and the diverse creativity to achieve a maximum learning. One of the tools that can be used in the learning process is the media. The media can be used as a tool to aid students' understanding in teaching and learning process. Video is one form of media that can be used in teaching and learning process. Physics teachers at SMP Negeri 8 Pasuruan stated there is no video of lesson for basic technique of headstand in floor gymnastics materials and stated that it is required to use a video of learning about the basic of headstand technique in floor gymnastics to help explaining how to do a headstand.

In this study, the researcher used the methods of research and development from Borg and Gall (1983:775), researchers did not use a whole but only using 7 steps. The 7 steps chosen by the researchers for the development of VCD for basic learning of headstand technique in floor gymnastics are as follows: 1) Conducting research and information gathering (literature review, observation at school, and report on the subject), 2) Developing the initial product form (preparation of teaching materials, manuals to be used, and equipment evaluation), 3) evaluation of the experts by using a media expert, a learning specialist physical education, and a gymnast. Questionnaire data were collected and analyzed, then revised the initial product, 4) Conducting trials (small groups) to the initial product (VIII grade students performed at SMP Negeri 8 Pasuruan by using 6 subjects, one student was taken from each class), then the questionnaire data were collected and analyzed, 5) Conducting a revision of the first products based on the results of the pilot questionnaire (small groups), 6) Conducting the field tests (large group) performed on a class VIII student SMP Negeri 8 Pasuruan by using 30 subjects, students were taken from each class, then questionnaire data were collected and analyzed, 7) Performing the final product based on the revision of the questionnaire, so it became the final product of development.

Based on the results of the analysis of trial data (small groups) to 6 students and field tests (large group) of the 30 people a class VIII student SMP Negeri 8 Pasuruan, it was obtained that all aspects in the development of VCD for the basic learning of headstand techniques for grade VIII student at SMP Negeri 8 Pasuruan meets good criteria, which was between 76% - 100%.

The results of this development is limited to the development of the product, it is expected that there will be a following  study which tests the effectiveness of the products above that have been developed and the results of this research are expected to be tested on a broader scope.