SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Hasil Belajar Gerakan Senam Guling Depan Siswa Kelas III SDN Sepuh Gembol 1 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dengan Menggunakan Variasi Metode Pembelajaran.

Eko Budi Priyantono

Abstrak


ABSTRAK

 

Priyantono, Eko Budi. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Gerakan Senam Guling Depan Siswa Kelas III SDN Sepuh Gembol 1 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dengan Menggunakan Variasi Metode Pembelajaran. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Senam Guling Depan, Variasi Metode Pembelajaran, Senam Lantai.

SDN Sepuh Gembol 1 adalah salah satu sekolah unggulan di Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Walaupun terletak di daerah pedesaan tapi sekolah ini memiliki sarana dan prasarana olahraga yang lumayan lengkap seperti adanya lapangan olahraga, matras, serta aula yang biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga indoor. Namun ada sebuah permasalahan yang terjadi pada pembelajaran senam guling ke depan terutama untuk kelas III. Berdasarkan observasi awal peneliti diketahui bahwa jumlah siswa untuk kelas III sebanyak 26 siswa, dan rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah 49,99% dengan taraf keberhasilan kurang baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti bersama guru pendidikan jasmani sekolah tersebut melakukan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini peneliti dan guru menggunakan variasi metode pembelajaran dalam pembelajarannya sebagai cara untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model-model pembelajaran yang dilakukan guru saat pembelajaran senam lantai guling ke depan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan eksperimen.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar gerakan senam guling ke depan siswa kelas III SDN Sepuh Gembol I Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo dengan menggunakan variasi metode pembelajaran. Pengambilan data dilaksanakan 31 maret-7 mei 2011. Data diperoleh dari tes, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan langkah-langkah yang dilakukan berupa perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke depan pada siswa kelas III dengan menggunakan variasi metode pembelajaran di setiap siklus dari siklus I dan siklus II. Diketahui pada siklus I bahwa rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah 77,47% dengan taraf keberhasilan termasuk kategori baik. Untuk keberhasilan siswa per indikator gerakan yaitu: 1) indikator sikap awal sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik, 2) indikator tumpuan tangan sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik, 3) indikator memindahkan berat badan 92,31% dengan taraf keberhasilan baik, 4) indikator dagu ke dada sebesar 69,23% dengan taraf keberhasilan cukup baik, 5) indikator pundak di matras sebesar 69,23% dengan taraf keberhasilan cukup baik, 6) indikator badan menekuk sebesar 42,31% dengan taraf keberhasilan kurang baik, 7) indikator posisi akhir sebesar 69,23% dengan taraf keberhasilan cukup baik.

Sedangkan pada siklus II diketahui bahwa rata-rata skor keberhasilan siswa dalam menguasai gerakan senam lantai guling ke depan adalah 96,15% dengan taraf keberhasilan termasuk dalam kategori baik. Untuk keberhasilan siswa per indikator gerakan yaitu: 1) indikator sikap awal sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik, 2) indikator tumpuan tangan sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik, 3) indikator memindahkan berat badan 100% dengan taraf keberhasilan baik, 4) indikator dagu ke dada sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik,5) indikator pundak di matras sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik, 6) indikator badan menekuk sebesar 73,08% dengan taraf keberhasilan cukup baik, 7) indikator posisi akhir sebesar 100% dengan taraf keberhasilan baik.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa variasi metode pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar gerakan senam guling ke depan siswa kelas III SDN Sepuh Gembol 1 Kecamatan Wonomerto Kabupaten Probolinggo. Bagi guru pendidikan jasmani untuk meningkatkan hasil belajar gerakan senam lantai guling ke depan sebaiknya guru pendidikan jasmani perlu meningkatkan variasi pembelajaran dan model-model pemanasan dengan menggunakan permainan kecil agar siswa lebih senang dan siap untuk mengikuti materi yang akan diberikan. Selanjutnya bagi peneliti hendaknya dapat dijadikan masukan untuk melakukan penelitian lebih lanjut.