SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Pembelajaran Senam Aerobik Menggunakan VCD Untuk Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Situbondo

Ninin Dewi Safitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan Model Pembelajaran Senam Aerobik Menggunakan VCD Untuk Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Situbondo

 

Media pembelajaran merupakan suatu elemen penting yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran secara keseluruhan dan dapat lebih meningkatkan kualitas belajar siswa,  kualitas mengajar guru, disamping itu dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran . Dewasa ini, media audio visual disajikan dalam bentuk video yang dapat memudahkan bagi siapa saja yang melihatnya.

Tujuan pengembangan VCD pembelajaran senam aerobik ini adalah dapat membantu siswa untuk mempercepat proses pemahaman dalam mempelajari pembelajaran senam aerobik. Metode pembelajaran ini dikemas dalam bentuk VCD pembelajaran beserta buku panduan VCD yang berisi tentang pengertian senam aerobik, teknik dasar senam aerobic, sistematika pembelajaran senam aerobik, rangkaian gerakan senam aerobik dan manfaat pembelajaran senam aerobik.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775) dan Ardana (2002:09). Adapun langkah-langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaran senam aerobik adalah sebagai berikut1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan angket yang ditujukan kepada siswa dan guru pendidikan jasmani, serta observasi sekolah, 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli media pembelajaran pendidikan jasmani, 1 ahli media, 1 ahli senam aerobik yang hasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa VCD model pembelajaran senam aerobik untuk siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Situbondo.

Hasil pengembangan ini berupa VCD pembelajaran dan buku panduan VCD pembelajaran. Diharapkan hasil ini dapat diuji cobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah-sekolah lain sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.