SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (PSTI) Kota Malang Periode 2008 -2012

Khoiriyah Sholikhah

Abstrak


Awal pembentukan organisasi Sepaktakraw memiliki nama Persatuan Sepak raga Seluruh Indonesia (PERSERASI) yang dibentuk pada tanggal 16 Maret 1971, kemudian pada penyelenggaraan Kongres ke II di Jakarta tahun 1986 nama PERSERASI dirubah menjadi Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (PERSETASI). Setelah itu, pada Munas PB.PERSETASI yang dilaksanakan pada tanggal 22-30 Agustus 2006 telah disepakati oleh seluruh Pengprov seluruh Indonesia bahwa nama “PERSETASI” dirubah menjadi Persatuan Sepaktakraw Seluruh Indonesia (PSTI). Salah satu cara yang ditempuh dalam usaha peningkatan prestasi Sepaktakraw adalah mengatur segala kegiatan secara berjenjang baik di tingkat usia dini, remaja ataupun senior. Disamping itu harus didukung dengan adanya wadah atau organisasi yang dapat mewujudkan usaha peningkatan prestasi tersebut. Susunan organisasi yang sistematik dan terkoordinasi sangat diperlukan untuk memajukan prestasi Sepaktakraw Indonesia.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengukur tingkat keberhasilan suatu kegiatan dengan cara membandingkan rencana yang telah dibuat atau yang telah disusun dengan produk atau hasil yang telah dicapai. Data yang diperoleh terdiri dari beberapa variabel yaitu : Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan. Data tersebut disajikan melalui angket yang disebarkan ke pengurus PSTI kota Malang.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diatas secara keseluruhan manajemen sudah dikatakan baik. Hasil jawaban responden untuk aspek perencanaan diperoleh hasil 96.15 % yang berarti sangat baik, aspek pengorganisasian diperoleh hasil 100 % yang berarti sangat baik, aspek pelaksanaan diperoleh hasil 96 % yang berarti sangat baik, aspek pengawasan diperoleh hasil 100 % yang berarti sangat baik.

Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan adalah lebih membenahi aspek perencanaan seperti prasarana latihan yang sudah ada dalam mendukung atlet. Aspek pengorganisasian seperti respon pengurus lain setelah pembagian kerja sudah ditentukan dan pemahaman. Dari aspek pelaksanaan, keterlibatan pengurus lain saat penyusunan struktur organisasi, menjalin kerjasama dengan sponsorship untuk memperoleh dukungan dana untuk menghadapi event kejuaraan, penyantun/ sponsorship/ masyarakat dalam memberikan dukungan/bantuan terhadap PSTI kota Malang untuk event kejuaraan, dan perkembangan sarana dan prasarana latihan dalam menunjang latihan atlet dan aspek pengawasan juga perlu adanya pembenahan terutama yang berkaitan dengan pembandingan antara pelaksanaan dengan perencanaan.