SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Teknik Menumpu Pada Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Metode Bermain Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu

novi bagus prasetya

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetya, Novi Bagus. 2011. Peningkatan Keterampilan Teknik Menumpu Pada Lompat Jauh Gaya Menggantung Menggunakan Metode Bermain Siswa Kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing  (I) Drs. Tatok Sugiarto, S. Pd, M. Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M. Kes.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Lompat Jauh Gaya Menggantung, Metode Bermain.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati, seperti awalan, tumpuan, melayang, dan saat mendarat persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik  menumpu yaitu 60,60%. Jumlah subjek pada penelitian ini berjumlah 33 siswa, 15 putra dan 18 putri.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu dengan menggunakan metode bermain pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada keterampilan menumpu siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh gaya menggantung dari siklus ke siklus. Pada siklus 1 dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 52,51%, aspek posisi badan yang melakukan dengan benar sebesar 67,77%, aspek gerakan tumpuan kaki tumpu pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 90,90%, dan pada aspek ayunan kaki dan lengan yang melakukan dengan benar sebesar 57,57%. Dari hasil tersebut menunjukkan peningkatan terhadap penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu yang terlihat dari perbandingan hasil pre-test yang dilaksanakan pada saat sebelum tindakan dengan hasil post-test yang diberikan pada akhir tindakan. Untuk hasil dari siklus 2 juga menunjukkan peningkatan penguasaan keterampilan lompat jauh gaya menggantung khususnya pada teknik menumpu dengan masing masing taraf keberhasilan dari aspek menumpu diantaranya, dari aspek ketepatan kaki pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 93,94%, aspek posisi badan yang melakukan dengan benar sebesar 100%, aspek gerakan tumpuan kaki tumpu pada papan tumpu yang melakukan dengan benar sebesar 100%, dan pada aspek ayunan kaki dan lengan yang melakukan dengan benar sebesar 96,97%. Selain hasil persentasi mengenai teknik menumpu pada lompat jauh gaya menggantung diperoleh pula hasil pengamatan sikap siswa pada saat proses pembelajaran, pada siklus 1 siswa melakukan pemanasan sendiri tanpa didampingi oleh guru, siswa yang terlambat tidak ditegur oleh guru, dan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru saat guru menjelaskan. Namun pada siklus 2 sudah  terlihat peningkatan yang cukup baik dibandingkan dengan siklus 1, pada siklus 2 ini sudah tidak ada siswa yang terlambat, siswa melakukan proses belajar dengan baik, dan siswa sudah menguasai keterampilan menumpu dengan baik dan benar.

Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dengan menggunakan metode bermain dapat meningkatkan keterampilan teknik menumpu pada lompat jauh gaya menggantung siswa kelas VIII D SMP Negeri 1 Batu. Bagi guru pendidkan jasmani, olahraga dan kesehatan model pembelajaran dengan metode bermain dapat digunakan sebagai referensi dalam memberikan materi lompat jauh gaya menggantung khususnya untuk meningkatkan keterampilan teknik menumpu.