SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Komik Pembelajaran Renang Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar

Ika Retno Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ika Retno. 2011. Pengembangan Komik Pembelajaran Renang Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Di Sekolah Dasar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd, (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: pengembangan, komik pembelajaran renang, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan.

Komik merupakan media yang banyak diminati siswa khususnya pada jenjang pendidikan dasar. Dalam berbagai hal, komik dapat diterapkan untuk menyampaikan pesan dari berbagai ilmu pengetahuan karena penampilannya yang menarik berisikan tulisan dan gambar yang berwarna. Bagi anak-anak khususnya siswa sekolah dasar, kegiatan membaca komik merupakan kegiatan yang menghibur dan menyenangkan. Kondisi tersebut memperlihatkan bahwa komik sudah familiar dikalangan anak-anak. Oleh karena itu, peneliti memilih komik untuk menyampaikan informasi mengenai renang dimana siswa tidak mendapatkannya dari guru. Komik pembelajaran renang ini dirancang secara sistematis sehingga siswa sekolah dasar dapat menerima informasi lebih mudah dan menarik. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan komik pembelajaran renang pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar.

Dalam penelitian dan pengembangan ini, peneliti menggunakan tujuh langkah. Adapun tujuh langkah yang dilakukan antara lain: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada dua orang guru pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan pada dua sekolah dasar, 2) melakukan perencanaan penelitian, 3) evaluasi para ahli dengan memilih satu ahli media, satu ahli renang, dan satu ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa komik pembelajaran renang.

Produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa komik pembelajaran renang dalam bentuk komik berbasis teknologi cetak (buku) yang berisi materi renang gaya bebas dan gaya dada serta komik yang berbasis teknologi komputer (power point) yang berisi materi renang gaya punggung dan gaya kupu-kupu. Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar pada dua sekolah dasar berkaitan mengenai efektifitas, efesiensi, dan daya tarik komik pembelajaran renang diperoleh hasil bahwa komik pembelajaran renang dinyatakan baik dan siap dimanfaatkan sebagai sumber belajar oleh guru dan siswa pada mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di sekolah dasar.