SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Permainan “Peluru Ceria” untuk Pemanasan dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SMP Negeri 5 Malang

yuntien happy zhulinx

Abstrak


ABSTRAK

 

Zhulinx, Yuntien Happy. 2011. Pengembangan Model Permainan “Peluru Ceria” untuk Pemanasan dalam Pembelajaran Tolak Peluru di SMP Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Drs. Mulyani Surendra, M.S.

 

Kata Kunci: model permainan “Peluru Ceria”, tolak peluru

Berdasarkan observasi awal dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan guru pendidikan jasmani dan siswa SMPN 5 Malang pada tanggal 21 Oktober 2010, pembelajaran tolak peluru yang dilakukan belum pernah menggunakan model-model permainan untuk pemanasannya. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) didapatkan hasil dari 3 guru pengajar Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 2 di antaranya menyatakan bahwa siswa kurang menyukai pembelajaran tolak peluru. Sementara itu, 10% siswa merasa bahwa tolak peluru kurang menarik dan 70% siswa merasa bahwa tolak peluru tidak menarik.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model-model permainan untuk pemanasan dalam pembelajaran tolak peluru. Diharapkan, pengembangan ini dapat mempersiapkan siswa untuk kegiatan selanjutnya yang lebih berat dengan cara yang menarik dan menyenangkan. Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 5 Malang ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pendidikan jasmani, ahli atletik dan ahli permainan yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa model permainan “Peluru Ceria” dapat digunakan. Ahli pendidikan jasmani secara keseluruhan  diperoleh persentase 80,64%, ahli atletik secara keseluruhan  diperoleh persentase 80,64% dan ahli permainan secara keseluruhan diperoleh persentase 81,25%. Dari hasil evaluasi uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 12 siswa diperoleh persentase 82,95%, dan pada uji tahap II (kelompok besar) dengan menggunakan 30 siswa diperoleh persentase 88,95% sehingga model permainan untuk pemanasan dalam pembelajaran tolak peluru di SMPN 5 Malang dapat digunakan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka saran yang dapat diberikan di antaranya: dalam penyebarluasan produk pengembangan ke sasaran yang lebih luas, peneliti memberi saran yaitu bahwa sebelum disebarluaskan sebaiknya produk ini dievaluasi kembali dan disesuaikan dengan kondisi sasaran yang ingin dituju baik isi maupun kemasan. Selain itu, untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di SMP Negeri 5 Malang, tapi juga di sekolah-sekolah yang lain. Sehingga buku panduan model permainan ”Peluru Ceria” untuk pemanasan dalam pembelajaran tolak peluru ini lebih menarik dan bermanfaat khususnya bagi kalangan pemangku mata pelajaran pendidikan jasmani.