SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

studi tentang perilaku hidup sehat siswa putri kelas viii SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang

PEOPA NOFIC

Abstrak


ABSTRAK

 

Iffa, N. Peopa. 2011. Studi Tentang Perilaku Hidup Sehat Siswa Putri Kelas Viii SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd, (II) Drs. Lokananta THW, M.Kes.

 

Kata kunci: kesehatan, perilaku, perilaku hidup sehat, siswi sekolah menengah pertama

Untuk melakukan aktivitas dengan baik manusia harus mempunyai tubuh yang sehat. Kesehatan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Dengan demikian perlu adanya pembinaan perilaku hidup sehat manusia itu sendiri, khususnya siswa putri kelas VIII SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang. Tujuan dari pendidikan kesehatan adalah terbentuknya perilaku hidup sehat yaitu perilaku individu yang sesuai dengan nilai-nilai kesehatan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku hidup sehat siswa putri kelas VIII SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan  deskriptif dan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putri kelas VIII SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang dengan jumlah sampel sebanyak 150 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik quota random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan instrumen berupa angket yang terdiri dari 32 pertanyaan.

Berdasarkan hasil penelitian, variabel memelihara kebersihan dan kesehatan pribadi masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 85,90%, variabel tidak merokok dan tidak memakai NAPZA masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 99,78%, variabel olahraga secara teratur masuk dadlam kategori baik dengan persentase sebesar 80,30%, variabel pola makan masuk dalam kategori baik dengan persentase sebesar 86,44%. Secara keseluruhan, jumlah rata-rata persentase semua variabel sebesar 88,10%.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa perilaku hidup sehat siswa putri kelas VIII SMPN 2, SMPN 8, SMPN 9 Malang termasuk dalam kategori baik. Dengan diketahuinya hasil penelitian ini, diharapkan adanya peningkatan pembinaan dan pemberian pendidikan tentang kesehatan, khususnya pendidikan kesehatan yang diberikan untuk anak usia sekolah dan usia remaja.