SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kelincahan dan Kecepatan Reaksi Bagi Peserta Ekstra Kurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 1 Pohjentrek Kabupaten Pasuruan.

Risas Wahyudi

Abstrak


ABSTRAK

 

Wahyudi, Risas. 2011. Pengaruh Permainan Gobak Sodor Terhadap Kelincahan dan Kecepatan Reaksi Bagi Peserta Ekstra Kurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 1 Pohjentrek Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana, Spd.M.Pd, (II) Drs. Mahmud Yunus M.Kes.

 

Kata Kunci: Permainan Gobak sodor, kelincahan, kecepatan reaksi

Pembinaan olahraga prestasi selain melalui perkumpulan olahraga, instansi pemerintah dan swasta, juga pembinaan pembibitan atlet melalui kegiatan ekstra kurikuler di sekolah. Dalam pembinaan olahraga melalui ekstra kurikuler yang rata-rata siswanya merupakan atlet pemula, banyak ditemukan masalah yang timbul dalam latihan. Salah satu dari masalah tersebut, seperti yang timbul pada kegiatan ekstra kurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Pohjentrek Kabupaten Pasuruan, adalah siswa kurang bersungguh-sungguh dalam melakukan latihan fisik kelincahan dan kecepatan reaksi. Mereka bila dilatih fisik untuk meningkatkan kelincahannya dan kecepatan reaksinya dengan bentuk latihan seperti shuttle run dan bentuk latihan yang lain merasa jenuh, membosankan dan melelahkan. Untuk mengatasi masalah ini timbul pemikiran untuk memberikan alternative bentuk latihan yang lain yang dapat meningkatkan kelincahan dan kecepatan reaksi siswa tanpa merasakan jenuh, bosan, dan perasaan yang melelahkan saat latihan. Dalam hal ini permainan gobak sodor mengharuskan pemainnya untuk bergerak dengan cepat dalam merubah posisi badan dan arah gerakan untuk menghindari tangkapan penjaga. Keadaan gerakan pemain ini sangat baik untuk melatih kelincahan dan kecepatan reaksi, karena pada dasarnya latihan untuk melatih kelincahan dan kecepatan reaksi adalah bentuk latihan yang mengharuskan orang untuk bergerak dengan cepat untuk merubah posisi badan dan arah gerakannya. Selain itu permainan gobak sodor yang pelaksanaannya berbentuk pertandingan sangat sesuai dengan ciri-ciri pertumbuhan dan perkembangan di tingkat SMP, sehingga siswa akan lebih termotivasi untuk berlatih dengan lebih giat tanpa merasakan jenuh, bosan, dan perasaan yang melelahkan pada saat berlatih.

Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka masalah yang ada dapat dirumuskan: apakah ada pengaruh permainan gobak sodor terhadap kelincahan dan kecepatan reaksi. Sesuai dengan rumusan masalah, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan gobak sodor terhadap kelincahan dan kecepatan reaksi. Dengan berasumsi bahwa bentuk latihan yang mengharuskan orang untuk bergerak dengan cepat dalam merubah posisi badan dan arah gerakan akan dapat meningkatkan kelincahan dan kecepatan reaksi, maka hipotesis penelitian yang ditetapkan adalah “ada pengaruh yang signifikan antara permainan gobak sodor terhadap kelincahan dan kecepatan reaksi”.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan penelitian pola one group pretes- posttes design. Sedangkan populasi yang digunakan adalah semua peserta ekstra kurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Pohjentrek  Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 30 siswa.

Dalam penelitian ini subyek dikenakan perlakuan berupa permainan gobak sodor dengan bentuk  antar kelompok yang dilaksanakan selama 1 ½ bulan dengan frekwensi latihan 3 kali setiap minggunya. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes, dan alat tes yang digunakan adalah tes kelincahan dodging run dan tes kecepatan reaksi whole body reaction. Pengolahan data dianalisis dengan uji –t untuk amatan ulang dengan rumus dari Arikunto.

Hasil pengolahan data menunjukan bahwa t- hitung kelincahan sebesar 12,421 dan t-hitung kecepatan reaksi menunjukan hasil sebesar 12,256, sedangkan t-tabel untuk taraf signifikan 5% tercatat 2,045, sehingga t-hitung lebih besar dari t tabel yang berarti pula hasil analisis data adalah sangat signifikan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hipotesis penelitian yang ditetapkan akan diterima. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh yang sangat signifikan permainan gobak sodor terhadap kelincahan dan kecepatan reaksi bagi peserta ekstra kurikuler bola voli di SMP Negeri 1 Pohjentrek Pasuruan”.