SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Keterampilan melakukan Tolak Peluru dengan Permainan Modifikasi Siswa Kelas VIII A MTs Sunan Kalijaga Binangun Blitar

Wulandaru Cahyaningrat

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Cahyaningrat, Wulandaru. 2011. Meningkatkan Keterampilan melakukan Tolak Peluru dengan Permainan Modifikasi Siswa Kelas VIII A MTs Sunan Kalijaga Binangun Blitar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd

 

 

Kata Kunci: meningkatkan, keterampilan tolak peluru, permainan modifikasi.

 

 

Olahraga atletik diajarkan mulai jenjang SD/MI hingga jenjang SMA/MA. Tolak peluru gaya menyamping adalah salah satu nomer lempar dari cabang atletik. Melalui pembelajaran tolak peluru gaya menyamping, diharapkan siswa mampu melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping dengan benar. Berdasarkan observasi awal, diketahui bahwa keterampilan tolak peluru gaya menyamping di MTs Sunan Kalijaga Binangun Blitar masih kurang optimal. Siswa masih mengalami kesalahan dalam melakukan teknik menolak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan teknik sikap awalan setelah melakukan permainan modifikasi, (2) peningkatan teknik menolak setelah melakukan permainan modifikasi, (3) peningkatan teknik akhiran setelah melakukan permainan modifikasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini  Adalah lembar observasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Melalui PTK ini dilaksanakan pembelajaran tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi. Melalui permainan modifikasi ini, siswa melakukan tolak peluru sambil bermain dalam melaksanakan pembelajaran. Hal ini penting mengingat tidak semua siswa menyenangi olahraga tolak peluru. Dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru merencanakan tindakan pembelajaran yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan melakukan teknik tolak peluru gaya menyamping siswa kelas VIII A MTs Sunan Kalijaga mengalami peningkatan. Hasil observasi awal dari teknik sikap awal dengan tingkat  kesalahan 48,24%, teknik menolak dengan tingkat kesalahan 59,64% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 47%. Hasil tindakan siklus 1 dari teknik sikap awal dengan tingkat kesalahan 29%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 40% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 35%. Hasil tindakan siklus 2 dari teknik sikap awal tingkat kesalahanya 11%, teknik saat menolak dengan tingkat kesalahan 15% dan teknik sikap akhir dengan tingkat kesalahan 11%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan tolak peluru gaya menyamping dengan permainan modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTs Sunan Kalijaga Binangun Blitar.