SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Untuk Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 18 Malang.

Beni Hendarwanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Hendarwanto, Beni. 2011. Pengembangan Modul Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan Untuk Kelas IX Semester Genap SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M.S. (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Modul, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran dari isi kurikulum pendidikan. Sumber belajar di SMP Negeri 18 khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang berbasis buku adalah LKS dan buku BSE yang diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional Tahun 2010. Modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan baik siswa maupun guru kelas IX di SMP Negeri 18 Kota Malang untuk membantu proses pembelajaran. Modul ini dikembangkan sesuai dengan KTSP yang terdapat pada SMP Negeri 18 Kota Malang.

Pengembangan modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Spesifikasi produk yang diharapkan adalah materi yang disajikan dalam modul ini disesuaikan dengan KTSP SMP Negeri 18 Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku ajar pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan adalah sebagai berikut: (a) pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan cara penyebaran angket dan wawancara; (b) membuat rancangan produk; (c) evaluasi 3 orang yang terdiri dari 1 ahli media dan 2 ahli pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan; (d) revisi produk awal dengan menyesuaikan hasil dari uji kelompok kecil; (e) uji coba lapangan dengan mengujicobakan hasil revisi produk awal; (f) revisi produk akhir dengan menyesuaikan dari hasil uji lapangan; (g) hasil akhir produk, modul mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan untuk siswa kelas IX semester genap SMP Negeri 18 Malang.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 9 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 45 orang siswa kelas IX SMP Negeri 18 Kota Malang modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa modul pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam memberikan materi pada mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

 

ABSTRACT

 

Hendarwanto, Beni. 2011.The development of Physical Sport and Health Education Module for 2nd semester of IX graders in State Junior High School 18 of Malang. Thesis, Sport and Health Education Major Sport Science Faculty State University of Malang. Advisor (1) Drs. Heru Widijoto, M.S. (2) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

Keyword: Development, Module, Physical Education, Sport, and Healthy.

Physical, sport and health education is one of field study that was taken education curriculums. The source of learning in state junior high school 18 Malang is based on work sheet book (LKS) and BSE book wgich is. Relearned by nasional center education departement in 2010. Physical, sport and health education, module is one of sources to learn which is able to be used both students and teacher in IX grade of state junior high school 18 Malang to help the learning process. This module has been developed based on KTSP in state junior high school 18 Malang. The development of physical, sport and health education module aims to help student understand the concept of physical, sport and health education lesson. The expected product specifically is the material that is presented in this module based on KTSP in state junior high school 18 Malang. In this research, the researcher user searching research Borg and Gall (1983:775) method and development, the researcher does not use all steps, but only 7 step of them such as: (a) the information collection in conducting early research or necessity analysis by giving questionaire and interviewing, (b) constructing product planning, (c) evaluation wich consist of 3 people; 1 media expert and 2 physical, sport and health education expert, (d) revision of the early product by adjusting the result of try out, (e) making try out which is tried the result of revision on the first product, (f) revision of the last product on base from result try out field, (g) the end product for field study physical, sport and health education module for student state junior high school 18 Malang in IX class. Techneque of data analysis used is qualifitative and description that is represented by presentage. Based on analysis result, try out of small group that consist of 9 students and try out of big group consist of 45 students at state junior high school 18 Malang in IX class. The module of physical, sport and health education, is expected to be able to be used by physical, sport and health teachers as a reference for materials that are given on the learning physical, sport and health education.