SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Peningkatan Keterampilan Teknik Melempar Cakram Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Pare Menggunakan Media Simpai dalam Bentuk Permainan.

rahman diputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Diputra,  Rahman.  2011.  Upaya  Peningkatan  Keterampilan  Teknik Melempar  Cakram  Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Pare Menggunakan Media Simpai dalam Bentuk Permainan. Skripsi, Jurusan  Pendidikan  Jasmani  dan  Kesehatan  Fakultas  Ilmu  Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata kunci: Peningkatan, Keterampilan, Melempar Cakram, Media Simpai.

Berdasarkan  observasi  awal,  diperoleh  hasil  penguasaan  teknik  lempar  cakram  gaya menyamping.  Dari  empat  teknik  diantaranya  yaitu  awalan,  cara  memegang  cakram,  saat melempar, dan gerak lanjutan. Dari keempat teknik tersebut paling banyak tingkat kesalahannya terletak pada teknik saat melempardenganpersentase 57,  69%.Oleh  karena  itu  perlu  adanya metode  baru  dalam  penyampaian  materi  pembelajaran,  agar  materi  yang  disampaikan  dapat tercapai dengan baik.

Penelitian  ini merupakan  jenis  penelitian  tindakan  kelas  dengan  pendekatan  deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari  4  tahap  yaitu:  (1)  perencanaan,  (2)  pelaksanaan,  (3)  observasi,  (4)  refleksi. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bermain dengan menggunakan media simpai.

Data yang diperoleh pada siklus 1, gerakan yang salah pada aspek sikap kaki 3,85%, dari sikap badan 19,23%, dari aspek posisi lengan 26,92%, dari aspek pandangan 0%. Dari hasil yang diperoleh pada siklus 1 menunjukkan peningkatan keterampilan teknik melempar cakram.Untuk hasil  pada  siklus  2  juga  menunjukkan  peningkatan  teknik  melempar  cakram.  Persentase kesalahan dari aspek sikap kaki 0%, untuk aspek sikap badan 3,85%, untuk aspek posisi lengan 3,85%,  untuk  pandangan  persentase  kesalahannya  0%.  Selain  hasil  persentase  dari  mengenai teknik  melempar  cakram  diperoleh  pula  dari  pengamatan  sikap  siswa  pada  saat  proses pembelajaran. Pada siklus 1 ada siswa yang datang terlambat di lapangan, siswa tidak serius pada saat  pemanasan,  siswa  tidak memperhatikan  guru  saat  guru menyampaikan materi  tetapi  pada siklus  2  siswa  datang  tepat  waktu,  dan  siswa  lebih  disiplin  pada  saat  kegiatan  pembelajaran berlangsung. 

Peneliti  menyarankan  metode  bermain  dengan  menggunakan  media  simpai  dapat diterapkan  dalam  pembelajaran  lempar  cakram  karena  dengan menggunakan metode  tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan lempar cakram gaya menyamping siswa kelas VIII C SMP  Negeri  2  Pare.  Akan  tetapi  kurang  efisien  untuk  itu  perlu  ditambahkan  bentuk-bentuk permainan selain menggunakan media simpai, agar pembelajaran lebih efisien dan bervariasi.