SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Cakram dari Bahan Conveyor Bekas pada Pembelajaran Lempar Cakram untuk Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo

Sulusiyah Lusi

Abstrak


ABSTRAK

 

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara terhadap guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo dalam proses pembelajaran lempar cakram, lapangan sebenarnya menggunakan rumput/tanah, sementara lapangan yang terdapat di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo terbuat dari paving. Dan alat yang dimiliki hanya dua buah cakram yang standart, dengan berat 1 kilo (standart putri) dan 2 kilo (standart putra) sehingga pembelajaran cakram tidak dapat dilaksanakan. Maka dari itu peneliti berupaya untuk memenfaatkan Conveyor yang dimodifikasi sehingga menyerupai cakram yang sebenarnya.

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan media cakram dari Conveyor yang cocok/sesuai dan cakram yang dapat dijadikan media pada pembelajaran lempar cakram untuk siswa SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo, sehingga pembelajaran lempar cakram bisa dilaksanakan secara optimal.

Dalam pengembangan media lempar cakram dari Conveyor bekas untuk pembelajaran lempar cakram pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo ini menggunakan model pengembangan Research & Development (R & D) dari Borg and Gall yang dimodifikasi (1983:775), yaitu hanya mengambil 7 langkah dari 10 langkah yang ada karena perencanaan pengembangan terus memperhatikan biaya, orang-orang yang akan membantu dan berpartisipasi dalam pelaksanaan pengembangan, alat dan bahan yang diperlukan serta perkiraan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan semua kegiatan penelitian dan pengembangan (Sukmadinata, 2005:174 ) .

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo. Subjek uji coba terdiri dari (1) Uji coba kelompok kecil dengan melibatkan 8 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo, (2) Uji coba kelompok besar dengan melibatkan 40 siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Paiton Kabupaten Probolinggo.

Hasil evaluasi pengembangan media dari bahan Conveyor ini adalah sebagai berikut: ahli pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan yaitu 63,23% (cukup valid/digunakan), ahli atletik yaitu 75% (cukup valid/digunakan), dan ahli media yaitu 93,75% (valid/digunakan), uji coba kelompok kecil 100% (valid), uji coba kelompok besar 100% (valid/digunakan).

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan sebaiknya subjek penelitian ini dilakukan pada subjek yang lebih luas maupun kepada beberapa sekolahsekolah lain yang membutuhkan.