SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan buku panduan latihan dasar passing, dribbling dan variasi pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di sma negeri 4 malang

Frisdiansyah Yudha

Abstrak


ABSTRAK

 

Yudha, Frisdiansyah. 2011. Pengembangan buku panduan latihan dasar passing, dribbling dan variasi pada kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di sma negeri 4 malang.  Skripsi,  Jurusan  Pendidikan  Jasmani  dan  Kesehatan  Fakultas  Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mu’arifin, M. Pd (2) Drs. I Nengah Sudjana, M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, buku panduan, passing dan dribbling, bolabasket.

Permainan bola basket adalah permainan yang dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing  terdiri  dari  5  pemain,  yang  dalam  lingkup  pendidikan  menjadi salah  satu  program ekstrakurikuler  olahraga  yaitu  ektrakurikuler  bolabasket  di suatu lembaga sekolah. Salah satu tujuan ekstrakurikuler bolabasket adalah untuk mengasah keterampilan siswa bermain bolabasket dimana pada saat jam pelajaran disekolah  siswa  tidak  mendapatkan  materi  yang  lebih  pada pembelajaran bolabasket.  Dalam  hal  ini  siswa  dituntut  untuk  dapat  melakukan  keterampilan bolabasket,  salah  satunya  adalah  passing  dan  dribbling.  Namun  dalam pembelajaran passing dan  dribbling  dalam  kegiatan  ekstrakurikuler  terkadang terhambat akibat keadaan yang  tidak memungkinkan, keterbatasan pelatih dalam memberikan materi  latihan,  serta  perbedaan pemahaman  siswa  terhadap materi latihan  yang  diajarkan,  oleh  sebab  itu  diperlukan alternatif  pendekatan pembelajaran  yang  tepat. Salah  satu  alternatifnya  adalah  dengan memanfaatkan media  pembelajaran.  Media  yang  cocok  dengan  karakteristik  pembelajaran passing  dan  dribbling  bolabasket  adalah  media  buku  passing,  dribbling  dan variasi  yang dikemas  dalam  bentuk  buku  panduan.  Seperti  yang  terjadi  dalam kegiatan  ekstrakurikuler bolabasket  di  SMA  Negeri  4  Malang  berdasarkan observasi  dan  penelitian  awal  yang telah dilakukan,  oleh  karena  itu    dalam kegiatan  ekstrakurikuler  bolabasket  di  SMA Negeri  4 Malang  perlu dikembangkan  buku  panduan  latihan  dasar  passing,  dribbling  dan  variasi bolabasket.

Tujuan pengembangan buku panduan  latihan dasar passing, dribbling dan variasi bolabasket  adalah  untuk  mengembangkan  buku  panduan  latihan  dasar passing,  dribbling dan  variasi  bolabasket  yang  nantinya  dapat membantu  siswa untuk mempercepat proses pemahaman dalam mempelajari  teknik dasar passing dan drbbling. Model  latihan  ini dikemas dalam bentuk buku panduan dan berisi tentang model-model latihan passing, dribbling dan variasi.

Dalam  penelitian  ini  peneliti  tidak  menggunakan  keseluruhan  model pengembangan dari  sepuluh  langkah  penelitian  pengembangan  dari  Borg  and Gall,  tetapi hanya menggunakan 7  langkah. Adapun 7  langkah  yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku panduan  latihan dasar passing, dribbling dan variasi  bolabasket  adalah  sebagai  berikut: 1)  Melakukan  penelitian  dan pengumpulan data  informasi  termasuk kajian pustaka dan observasi  lapangan, 2) Mengembangkan  bentuk  produk  awal  (berupa draft buku panduan latihan  dasar passing,  dribbling  dan  variasi  bolabasket),  3)  Evaluasi  para  ahli  dengan kualifikasi  yaitu,  2  ahli  bolabasket,  1  ahli media,  dan  uji  coba  kelompok  keci (pada  1 sekolah  dan  menggunakan  6-12  subyek),  4)  Revisi  produk  pertama (sesuai dengan saran-saran darii evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil), 5) Uji  coba  lapangan  (pada  1 sekolah menggunakan  30-100  subyek),  6) Revisi produk  akhir  (sesuai  dengan  saran-saran dari  hasil  uji  lapangan)  7) Hasil  akhir produk pengembangan buku panduan  latihan dasar passing, dribbling dan variasi bolabasket .

Hasil  pengembangan  ini  berupa  buku  panduan  latihan  dasar  passing,dribbling  dan variasi  pada  kegiatan  ekstrakurikuler  bolabasket  putri  di  SMA Negeri 4 malang. Diharapkanhasil  ini dapat diuji cobakan kepada  lingkup yang lebih  luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah menengah atas dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Karena penelitian  ini  hanya  terbatas  pengembangan  produk,  maka  diharapkan  ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.