SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Tentang Manajemen Pengelolaan Prasarana Olahraga Di Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Wilis Kota Madiun

Johan Cruyf Al Majid

Abstrak


ABSTRAK

 

Al Majid, Johan Cruyf. 2011. Studi Tentang Manajemen Pengelolaan Prasarana Olahraga Di Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR)Wilis Kota Madiun. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E Winarno, M.Pd ,(II) Drs. I Nengah Sudjana, M. Pd.

 

Kata Kunci: Manajemen, Pengelolaan, prasarana olahraga, GOR Wilis

Di Indonesia, dengan makin berkembangnya olahraga maka diimbangi dengan makin banyak pula dibangun prasarana olahraga yang menunjang  terselenggaranya kegiatan olahraga tersebut. Prasarana olahraga yang sering dibangun adalah lapangan sepak bola, bolavoli, bolabasket, lintasan atletik, futsal dan fasilitas penunjang lainnya. Tidak sedikit dari prasarana olahraga tersebut yang dibangun dalam satu kompleks olahraga. Salah satunya adalah Kompleks Gelanggang Olahraga (GOR) Wilis di Kota Madiun.  Komplek GOR Wilis kota Madiun merupakan salah satu kompleks olahrga lengkap di Jawa Timur. Kompleks ini sering digunakan untuk event-event daerah maupun nasional. Hal tersebut membuktikan bahwa kompleks olahraga ini mempunyai kelengkapan prasrana yang memadai sehingga layak digunakan untuk olahraga daerah maupun nasional.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pengelolaan prasarana olahraga yang ada di kompleks GOR Wilis kota Madiun. Data yang diperoleh terdiri dari beberapa variabel yaitu : Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Pengawasan. Data tersebut disajikan melalui angket yang telah di justifikasi oleh para ahli manajemen yang disebarkan ke 16 orang pengelola dan 24 orang pengguna GOR Wilis.

Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa diperoleh hasil persentase aspek perencanaan diperoleh hasil 92,19 % yang berarti baik, aspek pengorganisasian diperoleh hasil 95,60% yang berarti baik, aspek pelaksanaan diperoleh hasil 87,25% yang berarti baik, aspek pengawasan diperoleh hasil 88,44% yang berarti baik, sedangakan untuk variabel kepuasan konsumen diperoleh hasil 87,04% yang berarti baik. Dari seluruh aspek diperoleh rata-rata 89,44%, dengan demikian secara keseluruhan manajeman Pengelolaan Prasarana Olahraga Di Kompleks GOR Wilis kota Madiun sudah dilaksanakan dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diajukan adalah pengelola harus meningkatkan perawatan dan pengelolaan prasarana olahraga yang ada di GOR Wilis, terutama lapangan bola basket, futsal dan bolavoli,  keamanan di dalam dan di luar stadion harus lebih diperhatikan lagi, tidak hanya pada saat menyelenggarakan kegiatan saja. Pengelola lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada konsumen atau pengguna prasarana olaharaga, agar pengguna GOR Wilis lebih nyaman dan mendapatkan kesempatan yang optimal dalam menggunakan prasarana GOR Wilis kota Madiun.