SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

studi pelaksanaan asesmen pembelajaran pendidikan jasmani pada aspek psikomotorik di SMP Negeri se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Semester Ganjil 2010/2011

DODY Priyo PRASETYO

Abstrak


ABSTRAK

 

Prasetyo,  Dody  Priyo.  2011.  “Studi  Pelaksanaan  Asesmen  Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Aspek Psikomotorik di SMP Negeri  se-Kecamatan  Karangrejo  Kabupaten  Magetan Semester  Ganjil 2010/2011”.  Skripsi,  Jurusan  Pendidikan  Jasmani  &  Kesehatan  FIK Universitas  Negeri  Malang.  pembimbing:  (I)  Prof.  Dr.  M.  E. Winarno, M.Pd. (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Asesmen, Aspek Psikomotorik, Guru Penjaskes

Aspek psikomotorik sangat penting dalam pelaksanaan asesmen bagi guru  pendidikan  jasmani,  karena  untuk  pengumpulan  informasi  tentang  peserta  didik berkenaan  dengan  materi  pembelajaran  yang  sudah  diberikan  oleh  gurupendidikan jasmani.

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan asesmen guru pendidikan  jasmani  dalam  aspek  psikomotorik  pada  mata  pelajaran  pendidikanjasmani  di SMP Negeri  se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan  semester ganjil tahun 2010/211.

Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini terdiri dari 4 guru yang mengajar mata pelajaran pendidikan jasmani dan kesehatan kelas VII dan kelas VIII di SMP Negeri se-Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan. Instrumen yang digunakan berupa daftar cek angket, materi yang disajikan sudah sesuai dengan KTSP.

Hasil  pelaksanaan  asesmen  materi  pendidikan  jasmani  pada  aspek psikomotorik  dari  4  responden  guru  pendidikan  jasmani  se-Kecamatan Karangrejo,  di  SMP  Negeri  1  Karangrejo  sudah  melaksanakan  asesmen  pada aspek psikomotorik 100%, sedangkan untuk SMP Negeri 2 Karangrejo juga sudah melaksanakan asesmen pada aspek psikomotorik 100%.

Kesimpulan  penelitian  ini  adalah  empat  guru  pendidikan  jasmani  dan kesehatan  sudah  melaksanakan  asesmen  pada  pendidikan  jasmani  pada  aspek psikomotorik tetapi tidak semua materi yang ada di dalam KTSP untuk kelas tujuh dan  delapan  disajikan  secara  maksimal  dari  kedua  SMP  Negeri  se-Kecamatan Karangrejo  berdasarkan  data  pendukung  berupa  Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran dan daftar penilaian dari masing-masing sekolah.

Saran  bagi  guru  pendidikan  jasmani  olahraga  dan  kesehatan,  dalam melakukan  asesmen  hendaknya  lebih memperhatikan  pada  aspek  psikomotorik, khususnya  pada materi  yang  disusun  dalam  rencana  pelaksanaan  pembelajaran. Materi harus disajikan dan  dilakukan  asesmen  dengan maksimal  sehingga  dapat diukur dengan baik. Serta mampu meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani olahraga  dan  kesehatan  sehingga  tujuan  pembelajaran  pendidikan  jasmani olahraga  dan  kesehatan  bisa  tercapai  dengan  baik  khususnya  pada  aspek psikomotorik.