SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD Pembelajaran Senam Taebo Siswa Kelas XII Semester II Di SMA 1 Panarukan.

Tizar Angga Prawira

Abstrak


ABSTRAK

 

Angga Prawira, Tizar. 2011. Pengembangan VCD Pembelajaran Senam Taebo Siswa Kelas XII Semester II Di SMA 1 Panarukan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, VCD, Senam Taebo, Siswa kelas XII semester II SMA 1 Panarukan.

Pada saat ini senam yang paling populer di Indonesia yaitu senam aerobik karena senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan selalu kreatif. Latihan senam aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, dan membakar kalori. Senam sembari mendengarkan musik memberi efek yang teramat positif selain memompa semangat juga memberi rasa rileks. Seiring dengan perkembangan jaman senam aerobik juga memiliki banyak variasi gerakan salahsatunya dinamakan senam taebo. Tidak terkecuali juga di SMA 1 panarukan yang setiap akhir semester untuk kelas XII selalu dilakukan tes senam aerobik. Untuk menambah variasi gerakan senam aerobik siswa peneliti bertujuan untuk mengembangkan VCD pembelajaran dengan variasi gerakan yang beda yaitu senam taebo sehingga diharapkan dengan adanya VCD pembelajaran ini siswa bisa mengerti bahwa masih banyak variasi gerakan pada senam aerobik.

Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan keseluruhan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall, tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaran senam taebo adalah sebagai berikut: 1) Melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi termasuk kajian pustaka dan observasi lapangan, 2) Mengembangkan bentuk produk awal berupa rancangan produk, 3) Evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 ahli senam taebo, 1 ahli media, dan 1 ahli pembelajaran, 4) Revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil), 5) Uji coba lapangan (pada 1 sekolah menggunakan 30-100 subjek), 6) Revisi produk akhir (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapangan) 7) Hasil akhir produk pengembangan VCD pembelajaran senam Taebo siswa kelas XII semester II di SMA 1 Panarukan. Dan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan deskriptif berupa persentase.

Hasil pengembangan ini berupa VCD Pembelajaran Senam Taebo. Diharapkan hasil produk  ini dapat diujicobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah menengah atas dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.