SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan games pengenalan air menggunakan media tambang dalam proses pembelajaran renang di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang

EDO RACHMAD ARDYANTO

Abstrak


ABSTRAK

 

Ardyanto, Edo Rachmad. 2011. Pengembangan games pengenalan air menggunakan media tambang dalam proses pembelajaran renang di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Widijoto, M. S. (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, games, Pengenalan Air, Media Tambang, Renang.

Pengembangan games pengenalan air menggunakan media tambang merupakan salah satu cara yang dapat digunakan baik anak maupun guru renang di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang untuk membantu proses pembelajaran renang. games ini dikembangkan melalui saran dan evaluasi para ahli baik ahli pembelajaran maupun ahli renang. pengembangan games pengenalan air menggunakan media tambang di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang sangat dibutuhkan karena diharapkan dari permaianan ini anak dapat menghilangkan rasa takut pada saat melakukan aktivitas di kolam renang.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan permainan pengenalan air menggunakan media tambang adalah sebagai berikut: 1) Melakukan penelitian awal melalui pengamatan pada pembelajaran renang di Taman kanak-kanak Laboratorium Univeritas Negeri Malang. 2) pengembangan rancangan produk, 3) evaluasi para ahli dengan menggunakan 1 ahli pembelajaran dan 2 ahli renang, yang menghasilkan berupa produk awal, 4) revisi rancangan produk berdasarkan evaluasi para ahli (hasil rancangan produk berupa produk awal) dan uji coba lapangan pada kelompok kecil, 5) revisi hasil dari uji coba lapangan pada kelompok kecil, 6) uji coba lapangan pada kelompok besar, 7) revisi dari hasil uji coba lapangan pada kelompok besar kemudian menjadi produk akhir berupa pengembangan permainan pengenalan air menggunakan media tambang.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 8 anak dan uji coba kelompok besar terhadap 32 anak di Taman Kanak-kanak Laboratorium Universitas Negeri Malang games pengenalan air menggunakan media tambang dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan berupa games pengenalan air mengunakan media tambang, diharapkan dapat dijadikan referensi oleh guru renang dalam memberikan materi pembelajaran renang.