SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan pembelajaran permainan bola voli mini di kelas V SDN Babadan II kecamatan Wlingi Kab. Blitar

Tegar bayu Kharisma

Abstrak


ABSTRAK

 

Kharisma, Tegar Bayu. 2011. Pengembangan Pembelajaran Permainan Bolavoli Mini di Kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd, (2) Drs. Mulyani Surendra, M. S.

 

Kata kunci: pembelajaran, bolavoli mini, kelas V SD

Bolavoli mini adalah modifikasi dari permainan bolavoli standar yang mengembangkan peraturan-peraturan agar menarik dan lebih mudah dipahami serta ditujukan untuk siswa SD. Service merupakan awalan untuk memulai suatu permainan bolavoli. Keterampilan melakukan passing dengan baik merupakan modal utama dalam bermain bolavoli. Oleh karena itu teknik dasar yang diajarkan pertama kali adalah passing bawah dan service bawah. Pembelajaran yang dilakukan di SDN Babadan 2 yaitu guru hanya memberikan contoh, kemudian siswa mempraktekkannya. Pembelajaran dilakukan seperti itu tanpa adanya variasi latihan ataupun permainan, sehingga siswa memerlukan adanya variasi atihan yang menarik dan dapat meningkatkan keterampilan passing bawah dan service bawah dalam pembelajaran bolavoli mini.Untuk itu perlu dikembangkan buku pembelajaran bolavoli mini kelas V SD sebagai buku pegangan guru

Pendidikan Jasmani dalam memberikan pembelajaran bolavoli mini. Tujuan pengembangan produk ini adalah menghasilkan buku pembelajaran permainan bolavoli mini gerakan passing bawah dan service bawah di kelas V SDN Babadan 2 Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar sebagai buku pegangan guru Pendidikan Jasmani dalam memberikan pembelajaran bolavoli mini.

Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: (1) menentukan potensi dan masalah penelitian; (2) mengumpulkan informasi, (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (3) mendesain produk; (4) validasi desain, (a) uji ahli bolavoli mini (1 orang), (b) uji ahli pembelajaran di SD (1 orang); (5) perbaikan atau revisi desain; (6) uji coba tahap I (kelompok kecil 1 orang guru Pendidikan Jasmani SDN Babadan 2); (7) revisi II; (8) uji coba tahap II (kelompok besar sejumlah 25 siswa); (9) produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

Berdasarkan hasil validasi desain, uji coba tahap I (kelompok kecil) uji coba tahap II (kelompok besar), produk pengembangan pembelajaran permainan bolavoli mini memiliki kelebihan ditinjau dari empat kriteria yaitu kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan. Buku pembelajaran bolavoli mini di kelas V SDN Babadan 2 sebagai buku pegangan guru Pendidikan Jasmani dalam memberikan pembelajaran bolavoli mini ini memiliki beberapa kelebihan ain yakni produk ini sangat mudah digunakan oleh siswa karena produk ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan serta bagian-bagian yang sudah tersusun dengan baik. Produk ini telah melalui uji ahli, sehingga banyak masukan untuk perbaikan produk untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Produk sangat menarik karena dilengkapi dengan warna dan gambar-gambar. Selain beberapa kelebihan, produk pengembangan ini memiliki beberapa kelemahan yakni produk ini masih memerlukan evaluasi dan uji coba pada subyek yang lebih besar atau lebih luas. Demi perbaikan pengembangan pembelajaran permainan bolavoli mini ini disarankan perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini, yaitu mengadakan uji lapangan dengan jumlah kelompok yang lebih besar, sehingga pengembangan ini dapat terlihat manfaatnya.