SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tentang Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Wasit Bolabasket Pengcab Perbasi Kabupaten Probolinggo.

Ahmad Afandy

Abstrak


 

Perkembangan bolabasket masa kini sangat popular dan digemari di seluruh dunia tetapi sekarang bolabasket tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas teknik dan permainan suatu tim bolabasket, tetapi juga dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas wasit sebagai pemimpin pertandingan yang baik. Seorang wasit bolabasket harus mampu menguasai peraturan permainan dan memiliki keterampilan perwasitan yang baik dan mengerti penerapa-nya di lapangan. Wasit bolabasket itu sendiri berdasarkan lisensi yang mereka punya terbagi menjadi lima yaitu C, B2, B1, A, FIBA.

Selain harus mampu menguasai peraturan permainan, wasit bolabasket juga harus memiliki kondisi fisik atau kesegaran jasmani yang baik sebagai salah satu sarat untuk dapat mencapai kesuksesan dalam memimpin pertandingan. Komponen kondisi fisik yang penting adalah kesegaran jasmani seorang wasit dalam hal ini adalah tingginya konsumsi oksigen maksimal atau biasanya disebut VO2 maks. Walaupun VO2 maks bukan satu-satunya, namun hal ini nampaknya kurang disadari dan cenderung diabaikan. Penelitian ini ingin mengungkap tingkat VO2 maks wasit bolabasket Pengcab PERBASI Kab. Probolinggo agar dalam memimpin suatu pertandingan tidak ada kendala dan bisa berjalan dengan lancar sampai akhir pertandingan.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek 15 wasit. Subyek dalam penelitian ini diambil dari wasit bolabasket Pengcab PERBASI Kab. Probolinggo yang masih aktif dalam kompetisi dicabang sampai nasional, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan tes lari multitahap yang dikonversi pada table prediksi VO2 maks.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan rata-rata VO2 Maks wasit bolabasket Pengcab PERBASI Kab. Probolinggo keseluruhan dalam kondisi sedang dengan rata-rata sebesar 37,7 ml/kg/min.

Oleh karena sering terjadi miskomunikasi antar wasit dan keputusan-keputusa yang merugikan salah satu team. Disarankan kepada komisi wasit Pengcab PERBASI Kab. Probolinggo agar mengetahui kesegaran jasmani anak didiknya sebagai kelayakan menjadi seorang wasit bolabasket dan untuk meningkatkan VO2 Maks para wasit sehingga dapat melaksanakan tugas dengan baik dalam memimpin suatu pertandingan.