SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei tentang kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan pada kompetisi pengcab di kota Mojokerto

M. Rendra Andy Riswanto

Abstrak


Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Didalam pertandingan sepakbola, terdapat pengadil di dalam lapangan yang dinamakan wasit. Wasit sepakbola merupakan pengadil ditengah lapangan untuk mengatur dan menjalankan permainan sepakbola. Berdasarkan tingkat dan kewenangannya, PENGCAB PSSI harus mengadakan kompetisi antar klub anggota perserikatan. Kompetisi sepakbola bola sering terjadi kerusuhan. Tidak adanya evaluasi kinerja wasit setiap tahunnya. Untuk itu meninjau dari kualitas kinerja wasit dalam memimpin pertandingan dalam menerapkan tujuh belas peraturan permainan pada kompetisi PENGCAB.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan pada kompetisi PENGCAB di kota Mojokerto. Populasi yang diambil yaitu penonton, pengawas pertandingan, dan pengurus PENGCAB PSSI kota mojokerto. Sampel berjumlah 44 orang. Sampel terbagi menjadi tiga yaitu 30 orang penonton, 5 orang dari pengawas pertandingan dan 9 orang dari pengurus PENGCAB PSSI kota Mojokerto. Sedangkan pengumpulan data menggunakan angket yang bertujuan untuk menggambarkan kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan pada kompetisi PENGCAB di kota Mojokerto. Bentuk angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup.Untuk analisisnya dengan rumus persentase dan tabel klasifikasi persentase (Arikunto, 1998:246).
Berdasarkan hasil penelitian dan persentase yang diperoleh tentang kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan pada kompetisi PENGCAB di kota Mojokerto, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum cukup, yaitu dengan persentase 68,07%. Menurut Arikunto (1998:26) bahwa persentase 56%-75% adalah masuk kategori cukup. Tetapi kinerja wasit  dalam memimpin pertandingan pada kompetisi PENGCAB di kota Mojokerto untuk memeriksa bola, memeriksa jumlah pemain, memutuskan lamanya pertandingan, memutuskan bola didalam dan diluar pertandingan, memutuskan cara mencetak gol, dan memutuskan tendangan pinalti masih kurang baik. Untuk memperbaiki kinerja wasit sepakbola dalam memimpin pertandingan, kinerja yang kurang lebih diperbaiki dengan menerapkan ke dalam pertandingan. Komwas juga sebaiknya melakukan pengawasan terhadap kinerja wasit dalam memmimpin pertandingan, agar dalam perkembanganya wasit bisa dievaluasi dan diperbaiki.