SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Modifikasi permainan bola besar pada pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang

Anas Bachtiar

Abstrak


Modifikasi adalah suatu perubahan dari suatu yang ada menjadi hal baru. Modifikasi merupakan salah satu alternatif dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani. Modifikasi ini bisa dilakukan pada materi-materi permainan bola besar. Bolabasket merupakan salah satu materi yang termasuk dalam permainan bola besar. Berdasarkan observasi awal, pengamatan dan analisis kebutuhan yang dilakukan pada guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang dapat diketahui dan disimpulkan bahwa belum pernah dilakukan suatu modifikasi pada proses pembelajaran pendidikan jasmani khususnya modifikasi permainan bola besar, terutama bolabasket.
 Siswa tidak pernah diberikan informasi mengenai peraturan resmi yang ada dalam permainan bolabasket sehingga banyak siswa yang merasa kesulitan memahami dan mengerti dalam bermain bolabasket menggunakan peraturan yang resmi. Berdasarkan hasil observasi dan analisis kebutuhan tersebut, peneliti ingin membuat suatu modifikasi permainan bolabasket dengan menyederhanakan ukuran lapangan, sasaran, waktu bermain dan aturan yang lebih mudah dimainkan, agar siswa selalu aktif bergerak dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah peraturan permainan bolabasket terlalu sulit bagi siswa, sehingga siswa kurang aktif mengikuti pembelajaran materi permainan bolabasket. Oleh sebab itu, diperlukan modifikasi permainan bola besar, khususnya bolabasket sebagai bahan ajar dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa  pada pembelajaran pendidikan jasmani di kelas XI SMA Negeri 2 Malang. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model penelitian pengembangan dari Borg and Gall (1983:775) yang terdiri dari 10 langkah yaitu: (1) Melakukan penelitian dan pengumpulan informasi (2) Melakukan perencanaan (3) Mengembangkan bentuk produk awal (4) Melakukan uji lapangan permulaan (5) Melakukan revisi terhadap produk utama  (6) Melakukan uji lapangan utama (7) Melakukan revisi produk (8) Uji lapangan (9) Revisi produk akhir (10) Produk akhir berupa modifikasi permainan bola besar pada pembelajaran pendidikan jasmani.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah dievaluasi oleh ahli pembelajaran pendidikan jasmani, ahli bolabasket, dan siswa. Uji coba menggunakan 13 siswa dan uji lapangan 30 siswa. Hasil dari penelitian ini adalah permainan yang  dimodifikasi dari permainan bolabasket resmi yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani untuk siswa kelas XI SMA Negeri 2 Malang.