SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan latihan Renang Gaya Dolphin Bagi Pemula Di Perkumpulan Renang Class Malang

Citra Destiasari

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Citra Destiasari. 2011. Pengembangan Buku Panduan latihan Renang Gaya Dolphin Bagi Pemula Di Perkumpulan Renang Class Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd (2) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci : pengembangan, buku panduan, renang, gaya dolphin.

 

Buku panduan merupakan salah satu bentuk dari sumber latihan. Buku panduan latihan renang gaya dolphin tidak dimiliki di Perkumpulan Renang Class Malang. Buku merupakan salah satu media yang memiliki kelebihan merupakan buku tertulis, ringan dan dapat dibaca dimana saja. Buku panduan dianggap penting sekali pada pelatihan, oleh karena itu perlu sekali dikembangkan buku panduan latihan renang gaya dolphin bagi pemula di perkumpulan renang class Malang.

Tujuan pengembangan buku panduan latihan renang gaya dolphin ini yang nantinya dapat membantu siswa untuk mempercepat proses pemahaman dalam mempelajari teknik renang gaya dolphin. Metode pembelajaran ini dikemas dalam bentuk buku panduan dan berisi tentang latihan renang gaya dolphin bagi pemula, tujuan dari setiap bentuk latihan renang gaya dolphin juga contoh gerakan variasi renang gaya dolphin tentunya dilengkapi dengan foto-foto dan gambar-gambar yang menarik yang dapat membantu memperjelas apa yang tersaji dalam buku panduan.

Dalam penelitian ini peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983:775) dan Ardana (2002:09). Adapun langkah-langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan buku panduan latihan renang gaya dolphin adalah sebagai berikut: 1) Analisis kebutuhan, yaitu dengan pengumpulan informasi melalui analisis kebutuhan sebagai landasan pemikiran guna membuat konsep, 2) Pembuatan naskah awal buku panduan tentang pengembangan buku panduan latihan renang gaya dolphin mulai dari model latihan yang mudah ke model latihan yang sulit, 3) Evaluasi naskah awal produk buku panduan, 4) Revisi tahap1 naskah awal produk buku panduan, 5) Uji coba permulaan lapangan, 6) Uji coba produk, produk di uji coba ke 3 ahli, 7) Revisi tahap 2 produk buku panduan, revisi dilakukan setelah menerima masukan dan saran dari ahli untuk memperbaiki produk yang dihasilkan, 8) Reproduksi, penyempurnaan produk untuk menuju kesempurnaan dari produk yang dihasilkan kemudian menjadi produk akhir berupa buku panduan latihan renang gaya dolphin bagi pemula di perkumpulan renang class Malang.

Hasil pengembangan ini berupa buku panduan latihan renang gaya dolphin bagi pemula di perkumpulan class Malang. Diharapkan hasil ini dapat diuji cobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada perkumpulan atau juga club yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya. Karena penelitian ini hanya terbatas pengembangan produk, maka diharapkan ada penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.