SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Video Compact Disk (VCD) Pelatihan Passing Bawah Tim Putri Tingkat Pemula di Klub Bolavoli Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang

ita wahyuni

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengembangan Video Compact Disk (VCD) Pelatihan Passing Bawah Tim Putri Tingkat Pemula di Klub Bolavoli Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang

 

Dalam permainan bolavoli banyak orang beranggapan bahwa smash adalah  salah satu teknik dasar yang paling menarik, tetapi teknik pertahanan juga dapat membangkitkan daya tarik tersendiri bagi para penggemar. Pertandingan yang seimbang antara tim yang mempunyai teknik pertahanan yang bagus terhadap serangan dari lawan akan menciptakan permainan menarik untuk ditonton. Supaya permainan bolavoli dapat berlangsung dan membangun suatu serangan kepada tim lawan, dalam hal ini yang berperan terutama passing bawah. Untuk dapat menguasai atau bisa melakukan passing  yang baik perlu adanya pembinaan dan bentuk-bentuk  latihan. Terutama dapat diberikan untuk tingkat pemula agar mereka bisa melakukan passing sebelum mempelajari teknik dasar yang lainnya.

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pelatih dan juga atlet tim putri tingkat pemula, latihan passing bawah memang sudah diberikan namun masih banyak atlet khususnya tim putri tingkat pemula belum bisa melakukan passing bawah dengan baik. Selain itu, sumber yang digunakan hanya dari pelatih saja tanpa ada sumber latihan lain seperti vcd tentag teknik dasar passing bawah. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu bagaimanakah mengembangkan Video Compact Disk (VCD) tentang latihan passing bawah di klub bolavoli Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan Video Compact Disk (VCD) latihan teknik dasar passing bawah bolavoli untuk tim putri tingkat pemula di klub Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang, yang nantinya dengan adanya Video Compact Disk (VCD) latihan teknik dasar passing bawah bolavoli ini, atlet lebih mudah mengapersepsikan tentang passing bawah dan dapat melakukan passing bawah dengan baik dan benar dalam permainan yang sesungguhnya.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall (1983:775). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner untuk atlet tim putri tingkat pemula di klub Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang. Dengan kualifikasi, 1 ahli media, 1 ahli kepelatihan di bidang bolavoli, sedangkan untuk atlet dilakukan uji coba kelompok kecil sebanyak 10 orang dan uji kelompok besar sebanyak 20 orang.

Hasil penelitian berupa Video Compact Disk (VCD) latihan teknik dasar passing bawah bolavoli ini adalah sebagai berikut: dari 1 ahli kepelatihan bolavoli diperoleh persentase 100% sehingga pengembangan Video Compact Disk (VCD) pelatihan passing bawah bolavoli dapat digunakan di Klub Bolavoli Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang, 1 ahli media diperoleh persentase 82,14%, sehingga pengembangan Video Compact Disk (VCD) pelatihan passing bawah bolavoli dapat digunakan di Klub Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang, sedangkan dari uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 87,32% sehingga pengembangan Video Compact Disk (VCD) pelatihan passing bawah bolavoli dapat digunakan di Klub Bolavoli Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang dan uji coba kelompok besar diperoleh persentase 88,75%, sehingga pengembangan Video Compact Disk (VCD) pelatihan passing bawah bolavoli dapat digunakan di Klub Malang Volleyball Club (MVC) Kota Malang.