SKRIPSI Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang

benitha rahmawati

Abstrak


ABSTRAK

 

Rahmawati, Benitha. 2010. Survei Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani & Kesehatan FIK Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (II) Drs. Agus Gatot S., M.Kes.

 

Kata Kunci: usaha kesehatan sekolah, Trias UKS

 

Usaha Kesehatan Sekolah atau yang biasa disingkat UKS merupakan tempat pelaksanaan pendidikan kesehatan di sekolah. Keberadaan UKS di sekolah sangat penting untuk menunjang kelancaran proses belajar mengajar, selain itu dengan keberadaan UKS akan mewujudkan sekolah yang sehat sehingga nyaman bagi siswa dalam menimba ilmu. Dalam pelaksanaannya, UKS bakerja sama dengan puskesmas setempat untuk melaksanakan program UKS, hal ini bertujuan agar pelaksanaan program mendapat pengawasan dan dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin serta sesuai dengan tujuannya. Tiap sekolah hendaknya dapat memanfaatkan semaksimal mungkin UKS yang ada, selain itu sekolah juga diharapkan untuk melibatkan siswa dalam pelaksanaan UKS. Pelaksanaan program UKS biasanya mengacu pada Tri Progran UKS atau yang biasa disebut Trias UKS. Trias UKS terdiri dari (1) pendidikan kesehatan, (2) pelayanan kesehatan, dan (3) pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. Pada observasi awal yang dilakukan di SMP Negeri se- Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang didapatkan hasil bahwa semua SMP Negeri di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang telah memiliki UKS yang di mana UKS tersebut juga telah dilengkapi dengan sarana yang dibutuhkan meskipun jumlahnya terbatas.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Tri Program UKS di SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang. yaitu SMP Negeri 1 Yosowilangun sebanyak 83, SMP Negeri 2 Yosowilangun sebanyak 66 dan SMP Negeri 3 Yosowilangun sebanyak 37, sehingga jumlah seluruh angket yang diberikan untuk siswa sebanyak 186. Sedangkan jumlah angket yang diberikan kepada anggota PMR di SMP Negeri 1 Yosowilangun sebanyak 46, SMP Negeri 2 Yosowilangun sebanyak 38, dan SMP Negeri 3 Yosowilangun sebanyak 25, sehingga jumlah seluruh angket yang diberikan kepada anggota PMR sebanyak 109 serta 3 angket diberikan kepada masing-masing pembina PMR.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan UKS di SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang sub variabel pendidikan kesehatan mendapatkan persentase sebesar 48,24% sehingga termasuk dalam kategori kurang baik sedangkan pada sub variabel pelayanan kesehatan sebesar 30,05% yang termasuk dalam kategori tidak baik, dan pada sub variabel pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat dengan persentase sebesar 60,78% yang termasuk dalam kategori cukup baik. Secara menyeluruh berdasarkan aspek Tri Program UKS (Trias UKS) di SMP Negeri se-Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang persentase yang didapatkan sebesar 46,36% sehingga termasuk dalam kategori kurang baik.