SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Studi Kebugaran Ekstrakurikuler Olahraga dan non ekstrakurikuler Olahraga di SMP Plus Al hadi Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban

muhammad fahrur Riza elfitriawan

Abstrak


ABSTRAK

 

ELFitriawan, Fahrur Riza M. 2016. Studi Kebugaran Jasmani Siswa Ekstrakurikuler Olahraga dan Non Olahraga diSekolahMenengahPertama Al Hadi Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban, Skripsi, Jurusan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M.E. Winarno, M.Pd., (2) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd.

 

Kata kunci: kebugaran jasmani ekstrakurikuler olahraga, kesegaran jasmani ekstrakurikuler non olahraga

 

 egiatan ekstrakurikuler  merupakan salah satu sarana dalam meningkatkan kesehatan dan prestasi siswa,  banyak upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kebugaran dan kemampuan siswa guna meraih prestasi yang diinginkan tentunya banyak komponen yang harus dilatih salah satu komponen penting dalam olahraga Kesegaran jasmani. Oleh karena itu dilakukan penelitian dalam bentuk survei tes kebugaran jasmani siswa ekstrakurikuler olahraga dan non olahraga SMP Plus Al Hadi Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui  kondisi fisik siswa ekstrakurikuler olahraga, (2) untuk mengetahui  kondisi fisik siswa ekstrakurikuler non olahraga Sekolah Menengah Pertama Plus Al Hadi Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban.

Penelitianinimerupakanpenelitiansurvei dengan menggunakan teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Survei yang merupakan penelitiankuantitatifdenganmenggunakantesterstruktur/sistematis yang samakepada50 orang anggota ekstrakurikuler olahraga dan 40 orang anggota ekstrakurikuler non olahragaSekolahMenengahPertama Plus AL Hadi Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban sebagai sampel, untukkemudiansemuadata yang diperolehpenelitidicatat, diolah, dandianalisis.

Dari hasil penelitian menunjukan siswa ekstrakurikuler olahraga SMP Plus Al Hadi memperoleh hasil VO2max maksimal yaitu 50,2 dan hasil minimalnya adalah 38,5. 10 siswa pada klasifikasi kebugaran yang sangat baik, 26 siswa termasuk pada klasifikasi baik dan 4 siswa termasuk klasifikasi cukup.Jadi rata – rata  siswa ekstrakurikuler olahraga Sekolah Menengah Pertama Plus Al Hadi tergolong dalam klasifikasi kebugaran Baik. Hasil penelitian  pada siswa ekstrakurikuler non olahraga Sekolah Menengah Pertama Plus Al Hadi diperoleh hasil sebanyak 7 siswa (17,50%) merupakan  kategori baik, 16 siswa (40,00%) masuk dalam kategori cukup,lalu dengan kategori jelek sebanyak 17 siswa (42,50%), sedangkan siswa dengan kategori baik sekali, kurang sekali, serta sangat kurang sekali tidak ada. Hal ini memberikan gambaran bahwasiswa ekstrakurikuler non olahraga SekolahMenengahPertama Plus AL Hadi termasuk dalam kategori cukup.

Berdasarkan hasil penelitian dan maka dapat diambil kesimpulan bahwa rata-rata kondisi kebugaran jasmani siswa anggota ekstrakurikuler olahragalebih baik dari pada siswa anggota non ekstrakurikuler Sekolah MenengahPertama Plus Al Hadi.