SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Plyometric Terhadap Daya Ledak (Power) Tungkai Atlet Kempo Dojo Ma’arifUsia 17-19tahun Kabupaten Pasuruan

silvana amini

Abstrak


ABSTRAK

 

Beladiri shorinji kempo merupakan salah satu pertandingan beregu dan individu yang menyenangkan. Dalam suatu pertandingan kempo, daya ledak merupakan salah satu teknik yang benar-benar harus diperhatikan. Sebab daya ledak merupakan bagian komponen fisik terpenting dalam pertandingan kempo. Pelaksanaan proses latihan atlet kempo dojo Maarif Kab. Pasuruan, menunjukkan adanya masalah yaitu, rendahnya kemampuan explosive power dibandingkan dengan kemampuan fisik yang lain. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan exsplosive power adalah dengan menggunakan latihan plyometric.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan plyometrik terhadap daya ledak (power) tungkai atlet kempo Dojo Maarif usia 17-19 tahun Kabupaten Pasuruan. Atlet diberi perlakuan sebanyak 18 kali pertemuan didefinisikan 3 kali seminggu selama 6 minggu. Pre-test diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah pertemuan terakhir perlakuan.

Rancangan penelitian yang digunakan  adalah rancangan penelitian pra-eksperimen dengan model racangan “Pretest dan Posttest Satu Kelompok”. Dalam subyek penelitian ini adalah atlet beladiri kempo Dojo Maarif KabupatenPasuruan dengan jumlahsebanyak 15 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan tes vertical jump. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t amatan ulang (Paired Sample T Test) menggunakan bantuan program SPSS versi 21.0.

Hasil dari analisis data uji-t amatan ulang memperoleh t hitung sebesar 13,579 lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,045. Jadi dari definisidi atas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan plyometrik terhadap peningkatan daya ledak (power) tungkai atlet Kempo Dojo Maarif usia 17-19 tahun Kabupaten Pasuruan.

Bagi peneliti lain disarankan untuk mengkaji penelitian yang berkaitan tentang penelitian ini lebih dalam, sehingga hasil dari penyusunan skripsi ini dapat digunakan sebagai bahan referensi. Hendaknya dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai plyometrik untuk meningkatkan kondisi fisik para atlet atau pemain. Tetapi harus melihat tentang penelitian sebelumnya, agar dalam menentukan penelitian sesuai dengan apa yang telah direncanakan.