SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

EFEKTIVITAS MODEL LATIHAN DRILL UNTUK PENINGKATAN TEKNIK MAWASHI-GERI KARATE-KA DI DOJO CAKRAWALA KOTA MALANG

Tias Nuri Andayani

Abstrak


ABSTRAK 

 

Andayani, Tias Nuri. 2017. “Efektivitas Model Latihan Drill Untuk Peningkatan Teknik Mawashi-geri Karate-ka Di Dojo Cakrawala Kota Malang”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Roesdiyanto, M.Kes.

 

Kata Kunci: mawashi-geri karate, latihan mawashi-geri dengan model latihan drill

 

Karate adalah seni bela diri asal Jepang, kara berarti kosong dan te berarti tangan. Jadi karate merupakan bela diri tangan kosong yang menggunakan teknik-teknik fisik seperti pukulan (tsuki), tendangan (geri), tangkisan (uke), dan kuda-kuda (dachi). Salah satu keterampilan teknik dasar yang sering digunakan pada saat ujian kenaikan sabuk ataupun pertandingan karate adalah mawashi-geri. Dari hasil observasi awal didapatkan persentase tingkat keberhasilan teknik dasar mawashi-geri karate-ka Dojo Cakrawala Kota Malang yang dilakukan pada sikap awal 80,83%; tolakan 52,5%; sikap saat perkenaan 45,83%; dan sikap akhir 84,17%. Data tersebut menunjukan bahwa karate-ka di Dojo Cakrawala Kota Malang masih melakukan banyak kesalahan pada teknik dasar mawashi-geri. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif pemecahan atas permasalahan yang terjadi tersebut, salah satunya dengan latihan mawashi-geri menggunakan model latihan drill.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki kelemahan dalam melakukan teknik dasar mawashi-geri yang terjadi pada karate-ka di Dojo Cakrawala Kota Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian tindakan olahraga ini dilakukan dengan menggunakan 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 karate-ka Dojo Cakrawala Kota Malang.

Hasil dari penelitian menunjukan terjadi peningkatan keterampilan karate-ka dalam melakukan mawashi-geri setelah dilakukan latihan teknik mawashi-geri  dengan model latihan drill. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dan setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Tingkat keberhasilan karate-ka dari hasil penilaian di setiap siklus jika dilihat dari perolehan persentase dengan klasifikasi baik untuk indikator sikap awal  75% di siklus I dan 90% di siklus II. Indikator tolakan 30,83% di siklus I, 47,5% di siklus II, dan 90% di siklus III. Indikator sikap saat perkenaan 34,17% di siklus I, 58,33% di siklus II, dan 95% di siklus III. Indikator sikap akhir 79,17% di siklus I dan 100% di siklus II.

 Kesimpulannya adalah dengan menggunakan latihan teknik mawashi-geri dengan model latihan drill dapat meningkatkan keterampilan teknik dasar mawashi-geri karate-ka Dojo Cakrawala Kota Malang.