SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PANJANG TUNGKAI, KEKUATAN OTOT TUNGKAI, DAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI DENGAN HASIL TENDANGAN KE GAWANG PADA ATLET KLUB SEPAK BOLA PERKASA FC KANIGORO KABUPATEN BLITAR USIA 18-21 TAHUN

Rofiq Rahmadianto

Abstrak


ABSTRAK 

 

Rahmadianto, Rofiq. 2017. Hubungan Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai dan Daya Ledak Otot Tungkai dengan Hasil Tendangan ke Gawang di Klub Perkasa FC Kanigoro Kabupaten Blitar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Imam Hariadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: Panjang Tungkai, Kekuatan Otot Tungkai, Daya Ledak Otot Tungkai,  Tendangan ke Gawang

 

Permainan sepak bola adalah permainan yang membutuhkan kerjasama tim yang baik, untuk membentuk kerjasama tim dibutuhkan keterampilan menendang setiap pemain yang mumpuni. Dalam meningkatkan keterampilan tendangan selain membutuhkan unsur teknik namun juga membutuhkan unsur fisik seperti: panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, dan daya ledak otot tungkai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, dan daya ledak otot tungkai dengan dengan hasil tendangan ke gawang di Klub Perkasa FC Kanigoro Kabupaten Blitar.

Penelitian ini menggunakan metode rancangan penelitian korelasional yang bertujuan untuk menemukan ada tidaknya kecenderungan suatu hubungan antar variabel dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidaknya hubungan itu. Populasi dalam penelitian ini adalah atlet usia 18-21 tahun. Sampel dalam penelitian ini menggunakan 20 atlet. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Analisis data dimulai dari uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment.

Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara, (1) panjang tungkai dengan hasil tendangan diperoleh hasil rhitung (0,725) > rtabel pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (2) kekuatan otot tungkai dengan kecepatan diperoleh hasil rhitung (0,791) > rtabel pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (3) daya ledak otot tungkai dengan hasil tendangan diperoleh hasil rhitung (0,847) > rtabel  pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (4) panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, daya ledak otot tungkai dengan hasil tendangan diperoleh fhitung (4,750) > ftabel  pada taraf signifikansi a = 0,05 (3,63).

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu: panjang tungkai, kekuatan otot tungkai, daya ledak otot tungkai memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat yaitu hasil tendangan ke gawang. Oleh karena itu di samping memberikan latihan teknik sepak bola, sebaiknya juga mengukur panjang tungkai,latihan kekuatan otot tungkai dan latihan daya ledak otot tungkai untuk meningkatkan hasil tendangan ke gawang.