SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SMALL SIDE GAME UNTUK MELATIHPASSING PENDEK PADA ATLET USIA 12-15 DI SSB SUMBERSARI PUTRA KOTA MALANG

Untung Reski Purnomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnomo, Untung Rizki. 2017. Pengembangan Model Latihan Small Side Game Untuk Meningkatkan Kemampuan Passing Pendek Atlet U 12-15 Di SSB Sumbersari Putra Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing:  (1) Dra. Sulistyorini, M.Pd., (2) Dr. Sapto Adi, M.Kes.

 

Kata Kunci: small side game, passing pendek, sepakbola

 

Passing adalah mengumpan atau mengoper bola kepada teman yang bertujuan untuk memindahkan momentum bola agar lebih mudah untuk membangun serangan. Berdasarkan observasidantesawal peneliti di SSB Sumbersari Putra Kota Malang, untuk peserta latihan usia 12-15tahun, peneliti menemukan permasalahan yaitu kemampuan passing pendek atlet SSB Sumbersari Putra kurang baik, didorong oleh kurang bersemangatnya atlet ketika melakukan latihan yang di sebabkan model latihan yang diberikan oleh pelatih kurang bervariasi dan monoton. Hal tersebut terlihat dari hasil tes kemampuan passing pendek yangdilakukankepada 10 peserta latihan berikut(1) dua orang anak berhasil melakukan passing tepat sasaran sebanyak empat kali dan gagal sebanyak enam kali, (2) dua orang anak berhasil melakukan passing pendek tepat sasaran sebanyak lima kali dan gagal lima kali, (3) lima orang anak berhasil melakukan passing tepat sasaran sebanyak tiga kali dan gagal sebanyak tujuh kali, (4)satu orang anak berhasil melakukan passing tepat sasaran sebanyak dua kali dan gagal sebanyak delapan kali.

Dalam penelitian dan pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah model latihan small side game untuk meningkatkan kemampuan passing pendek. Model latihan yang diberikan berupa 15 model latihan small side game 10 model latihan small side game dari peneliti dan 5 model latihan small side game dari world class coaching yang telah dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan passing.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian yang diambil oleh peneliti adalah model penelitian dan pengembangan prosedural. Teknik anlisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase.

Berdasarkan data hasil uji coba produk I (10 subyek) dapat disimpulkan bahwa lebih dari 81,4% dari subyek uji coba peserta latihan usia 12-15 tahun SSB Sumbersari Putra menyatakan bahwa model latihan ini menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Berdasarkan data hasil uji coba produk II (30 subyek) dapat disimpulkan bahwa lebih dari 80,69% peserta latihan usia 12-15 tahun SSB Sumbersari Putra menyatakan bahwa model latihan ini menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Sehingga produk pengembangan model latihan small side game untuk meningkatkan kemampuan passing pendek ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk melatih keterampilan teknik passing pendek di SSB Sumbersari Putra Kota Malang.