SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Korelasi Kekuatan Otot Punggung, Kekuatan Otot Tungkai dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Prestasi Atlet Renang Gaya Bebas (Crawl) di Klub Renang Orca Kota Malang.

Rika Putri Lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: Kekuatan Otot Punggung, Kekuatan Otot Tungkai, Kekuatan Otot Lengan, Prestasi Renang.

Renang merupakan aktivitas yang dilakukan di air dengan berbagai macam bentuk dan gaya yang sudah sejak lama dikenal manusia. Untuk dapat mencapai  tujuan dalam berenang yaitu membutuhkan keterampilan teknik yang baik untuk pencapaian prestasi dan kekuatan otot punggung, kekuatan otot tungkai, serta kekuatan otot lengan yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kekuatan otot punggung, kekuatan otot tungkai, dan kekuatan otot lengan dengan prestasi atlet renang gaya bebas di Klub renang Orca Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional, dengan tiga variabel bebas yaitu: kekuatan otot punggung (X1) kekuatan otot tungkai (X2) dan kekuatan otot lengan (X3),serta satu variabel terikat yaitu prestasi renang gaya bebas (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh atlet usia 11-15 tahun di Klub Orca Kota Malang berjumlah 40 atlet. Sampel dalam penelitian ini hanya menggunakan 20 atlet. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Instrumen yang digunakan yaitu: a) tes back dynamometer untuk mengukur kekuatan otot punggung, b) tes leg dynamometer untuk mengukur kekuatan otot tungkai, dan c) tes pull up untuk kekuatan otot lengan, serta d) tes kecepatan renang untuk melihat prestasi atlet dalam renang. Analisis data dimulai dari uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi berganda.

Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara, (1) kekuatan otot punggung dengan kecepatan renang diperoleh hasil rhitung (0,875) > rtabel pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (2) kekuatan otot tungkai dengan kecepatan diperoleh hasil rhitung (0,791) > rtabel pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (3) kekuatan otot lengan dengan kecepatan renang diperoleh hasil rhitung (0,911) > rtabel  pada taraf signifikansi a = 0,05 (0,456), (4) kekuatan otot punggung, kekuatan otot tungkai, kekuatan otot lengan dengan kecepatan renang gaya bebas diperoleh fhitung (110,118) > ftabel  pada taraf signifikansi a = 0,05 (3,63).

 

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu: kekuatan otot punggung, kekuatan otot tungkai, kekuatan otot lengan memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat yaitu kecepatan renang gaya bebas. Oleh karena itu di samping memberikan latihan teknik renang, sebaiknya juga diberikan latihan kekuatan otot punggung, tungkai, dan lengan untuk meningkatkan kecepatan renang.