SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan antara keseimbangan,power dan kekuatan otot tungkai dengan keterampilan passing pemain usia 14 tahun di ssb masel kabupaten malang

andry krisdianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Krisdianto, Andry.2017. Hubungan antara Keseimbangan, Power dan Kekuatan Otot Tungkai dengan Keterampilan Passing. Skripsi. Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Imam Hariadi, M.Kes, (II) Dr. dr. Moch. Yunus, M.Kes.

 

Kata kunci: Keseimbangan, Power, Kekuatan otot tungkai dan Keterampilan passing.

Permainan sepakbola adalah permainan yang membutuhkan kerjasama tim yang baik, untuk membentuk kerjasama tim dibutuhkan keterampilan passing setiap pemain yang mumpuni. Dalam meningkatkan keterampilan passing selain membutuhkan unsur teknik namun juga membutuhkan unsur fisik seperti: keseimbangan, power dan kekuatan otot tungkai. Dalam gerakan passing keseimbangan memiliki peranan yaitu pada saat pemain bertumpu dengan satu kaki saat awalan passing. Power juga memiliki peranan penting yaitu pada saat gerakan kaki mengayun ke belakang kemudian diayunkan ke depan power sangat mempengaruhi karena membutuhkan kekuatan dan kecepatan. Kekuatan otot tungkai juga berperan pada saat melakukan passing karena kekuatan otot tungkai merupakan unsur fisik yang menunjang aktifitas atau gerakan dalam sepakbola seperti menendang atau mengoper bola.

Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan menggunakan tiga variabel bebas yaitu: keseimbangan (X1), power (X2) dan kekuatan otot tungkai (X3) dan satu variabel terikat yaitu keterampilan passing (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemain usia 14 tahun di sekolah sepakbola Masel Kabupaten Malang yang berjumlah 43 pemain. Sampel dalam penelitian ini hanya menggunakan 35 pemain. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes. Analisis data dimulai dari uji prasyarat dan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi berganda.

Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara, (1) keseimbangan dengan keterampilan passing diperoleh hasil rhitung (0,381) > rtabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (0,334), (2) power dengan keterampilan passing diperoleh rhitung (0,500) > rtabel  (0,334), (3) kekuatan otot tungkai dengan keterampilan passing diperoleh rhitung (0,473) > rtabel (0,334) dan (4) keseimbangan, power dan kekuatan otot tungkai dengan keterampilan passing diperoleh Fhitung (6,678) > Ftabel pada taraf signifikansi α = 0,05 (2,91).

 

Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu: keseimbangan, power dan kekuatan otot tungkai memiliki hubungan yang signifikan dengan variabel terikat yaitu keterampilan passing. Oleh karena itu saran bagi pelatih di samping memberikan latihan teknik passing sebaiknya juga diberikan latihan keseimbangan, power dan kekuatan otot tungkai untuk meningkatkan keterampilan passing, untuk pemain diharapkan untuk melatih kondisi fisik di atas agar keterampilan passing dapat meningkat.