SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Variasi Latihan Dribbling Sepakbola, Terhadap Peningkatan Keterampilan Dribbling Sepakbola Siswa Ekstrakurikuler SMKN 1 Glagah Kabupaten Banyuwangi.

Miftahul Annas

Abstrak


ABSTRAK

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih adanya beberapa siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMKN 1 Glagah keterampilan dribbling masih terbilang rendah, masih terdapat keterampilan teknik dasar dribbling yang harus ditingkatkan. Pemberian metode latihan penguasaan bola dirasa masih kurang bervariasi, serta belum adanya suasana latihan yang menyenangkan menarik dan tidak membosankan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan dribbling siswa yang mengikuti ekstrakurikuler sepakbola di SMKN 1 Glagah. Melalui variasi latihan dribbling diharapkan untuk meningkatkan keterampilan teknik dribbling. Setiap variasi latihan dribbling siswa akan lebih mahir dan dapat menyesuaikan dengan permainan sesungguhnya. Variasi latihan dribbling tersebut dirancang untuk mendorong partisipasi dan peningkatan individu agar suatu latihan atau ekstrakurikuler tidak akan membosankan bagi siswa.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dengan menggunakan rancangan the one group pretest-posttest

design. Subjek dalam penelitian ini 30 siswa SMKN 1 Glagah. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan program latihan dari peneliti berupa variasi latihan dribbling. Penelitian ini dilakukan 2 kali tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Penelitian ini menggunakan analisis uji-t amatan ulangan yang digunakan untuk menganalisis perbedaan dua mean data hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) yang telah terkumpul dalam satu kelompok yang diolah dengan aplikasi Microsoft Excel.

Kesimpulannya program variasi latihan dribbling mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan dribbling siswa ekstrakurikuler sepakbola SMKN 1 Glagah Kabupaten Banyuwangi. Hasil analisis data menggunakan uji-t diperoleh thitung yaitu 112,8 > ttabel 2,048 dengan taraf signifikan 5%. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara data sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Variasi

latihan dribbling sangat berpengaruh terhadap motivasi siswa saat mengikuti latihan.

 

Saran dari penulis yaitu walaupun penelitian ini sudah signifikan, yaitu mampu meningkatkan keterampilan dribbling pada siswa ekstrakurikuler SMKN 1 Glagah Kabupaten Banyuwangi. Tetapi penelitian ini masih bersifat penelitian pra-eksperimental, karena tidak ada kelompok kontrol. Sehingga untuk penelitian selanjutnya, agar menambah kelompok control agar dapat menjadi penelitian eksperimental sungguhan (true experimental).