SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN KELINCAHANTERHADAP KETERAMPILAN DRIBBLING PEMAIN USIA 9-11 TAHUN DI SSB PUTRA AREMA MALANG

Firza Nurdiansyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainan sepakbola adalah olahraga permainan bola yang dimainkan oleh 2 regu, setiap regu terdiri dari 11 pemain dan terdapat 2 gawang. Tujuan dari permainan sepakbola adalah memasukkan bola ke gawang lawandan mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukan bola. Dalam permainan sepakbola komponen utama yang dilatih pada anak usia dini adalah teknik dasar. Teknik dasar dribbling yaitu teknik menggiring bola yang bertujuan untuk melewati lawan, membuka ruang dan mempertahankan bola dari kejaran lawan. Selain penguasaan teknik dribbling yang baik dibutuhkan komponen kondisi fisik kelincahan untuk menunjang keterampilan dribbling.Didalam kelincahan terdapat unsur yang sangat pentingyaitu kelentukan, keseimbangan dan kecepatan, sehingga pemain tidak mudah kehilangan bola saat dikejar oleh lawan, tidak mudah jatuh saat kontak badan dengan lawan dan bisa bergerak melewati lawan dengan cepat.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kelincahan terhadap keterampilan dribblingpemain sepakbola usia 9-11 tahun di sekolah sepakbola putra arema Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan metode pra eksperimentaldengan rancangan one group pretest dan posttest. Sampel dalam penelitian ini 30 pemain sekolah sepakbola dengan puposive sampling. Pemberian perlakuan program latihan dari peneliti berupa latihan kelincahan. Penelitian ini dilakukan 24 pertemuan dengan frekuensi tiga kali seminggu selama delapan minggu dan dua kali tes, yaitu tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) pada masing-masing kelompok.

Hasil dari penelitian, skor dianalisis menggunakan teknik analisis uji t pada taraf signifikansi α = 0,05. Dari uji tersebut bahwa latihan kelincahan dari kememperoleh hasil t hitung tes awal dan tes akhir sebesar 428.814 dan t tabel 2.045dengan taraf signifikansi α = 5%. Maka dari itu T hitung = 428.814 >  t tabel 5% = 2.045 dengan derajad kebebasan 30-1 = 29. Maka hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada peningkatan antara hasil tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) slalom dribble sepakbola menggunakan latihan kelincahan ditolak.

 

Berdasarkan hasil skor yang sudah dianalisis,dapat disimpulkan latihan kelincahan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan dribbling.Saran yang dapat diberikan kepada pelatih siswa sekolah sepakbola Putra Arema Kota Malang usia 9-11 tahun hendaknya menggunakan latihan kelincahan untuk meningkatkan keterampilan dribbling para siswa sekolah sepakbola Putra Arema Kota Malang.