SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Pliometrik Barrier Hopsdan Latihan Teknik Terhadap Kemampuan Long Pass Di SSB Putra Arema Usia 13-15 Tahun Kota Malang.

Achmad Irsyadul Chakim

Abstrak


ABSTRAK

 

Permainan sepakbola adalah permainan bola besar yang dimainkan oleh 2 regu, setiap regu terdiri dari 11 pemain. Tujuan dari permainan sepakbola adalah memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawangnya agar tidak kemasukan. Dalam permainan sepakbola diperlukan komponen kondisi fisikpower untuk mengoper bola lambung atau bola jauh,di dalam power terdapat unsur yang sangat penting yaitu kekuatan dan kecepatan, sehingga pemain dapat menentukan kecepatan bola yang ditendang sehingga menghasilkan tendangan yang maksimal.

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan pliometrik barrier hopsdan latihan teknik terhadap kemampuan long passdi sekolah sepakbolaPutra Arema usia 13-15 tahun Kota Malang.Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan menggunakan rancangan the one group pretest-posttest design.Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 siswasekolah sepakbola Putra Arema usia 13-15 tahun Kota malang. Kelompok eksperimen diberi perlakuanmenggunakan program latihan dari peneliti berupa latihan barrier hopsdan latihan teknik selama 6 minggu 18 kali pertemuan dengan frekuensi 3 kali setiap minggu.

Pengambilan data diambil dua kali, yakni dengan pre-test yang diberikan sebelum perlakuan dan post-test yang diberikan setelah pertemuan terakhir. Instrumen yang digunakan berupa kick of distance testuntuk mengukur kemampuan long passdi sekolah sepakbola Putra Arema Kota Malang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis uji t amatan ulangan.

Hasil dari penelitian, skor dianalisis menggunakan teknik analisis uji t pada taraf signifikansi α = 5%. Dari uji tersebut bahwa latihan barrier hopsdan latihan teknik diperoleh Thitung = 568,765 lebih besar dari Ttabel = 2,045, sehingga latihan barrier hopsdan latihan teknik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan long pass siswa sekolah sepakbola Putra Arema usia 13-15 tahun Kota Malang.

 

Berdasarkan hasil skor yang sudah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa latihan barrier hopsdan latihan teknik memberikan pengaruh terhadap kemampuan long passyang signifikan. Saran yang dapat diberikan kepada pelatih siswa sekolah sepakbola Putra Arema usia 13-15 tahun hendaknya menggunakan latihan barrier hopsdan latihan teknik untuk meningkatkan kemampuan long pass pemain di sekolah sepakbolaPutra Arema Kota Malang.