SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH MODEL LATIHAN KOMBINASI PASSING, DRIBBLE, DAN SHOOTING TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN BERMAIN BOLABASKET UNTUK SISWA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI SMA LABORATORIUM UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Septianto Andika Putra

Abstrak


ASBTRAK

 

Putra, Septianto Andika. 2017. Pengaruh Model Latihan Kombinasi Passing, Dribble, dan Shooting Terhadap Peningkatan Keterampilan Bermain Bolabasket untuk Siswa Ekstrakurikuler Bolabasket di SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II) Dr. dr. Moch. Yunus, M.Kes.

 

Kata kunci: Keterampilan bolabasket, dribble, passing, dan shooting.

 

Permainan bolabasket tidak lepas dari keterampilan gerak yang harus dimiliki pemainnya. Teknik-teknik dasar permainan bolabasket sangat memerlukan keterampilan gerak. Teknik dasar, dribble, passing, dan shooting mempunyai hubungan yang erat, dapat dikombinasikan untuk memperoleh kemampuan yang diinginkan, serta dapat memberi model latihan yaitu program latihan kombinasi passing, dribble dan shooting, agar peserta tidak mengalami kebosanan dengan tujuan peningkatkan keterampilan dasar bermain bolabasket, yang dilakukan di SMA Lab UM Kota Malang.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh latihan kombinasi passing, dribble, dan shooting terhadap peningkatan keterampilan bermain bolabasketsiswaekstrakurikuler bolabasket SMA Lab UM Kota Malang. Siswa diberi perlakuan sebanyak 18 kali pertemuan selama 6 minggu. Pre-test diberikan sebelum perlakuan dan post-test diberikan setelah pertemuan terakhir perlakuan.

Rancangan penelitian yang digunakan  adalah rancangan penelitian pra-eksperimen dengan model racangan “Pretest dan Posttest Satu Kelompok”. Dalam subyek penelitian ini adalah siswa laki-laki ekstrakurikuler bolabasket SMA Laboratorium UM Kota Malang dengan jumlah sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes keterampilan bermain bolabasket. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis uji-t amatan ulang (Paired Sample T Test) menggunakan bantuan program SPSS versi 22.0.

Hasil dari analisis data uji-t amatan ulang memperoleh t hitung sebesar 13,579lebih besar dari nilai t tabel dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,045, berarti kemampuan keterampilan bermain bolabasket siswa ekstrakurikuler bolabasket SMA Lab UM meningkat. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara latihan kombinasi passing, dribble dan shooting, terhadap peningkatan keterampilan bermain bolabasket pada siswa ekstrakurikuler bolabasket SMA Lab UM Kota Malang. Saran pemanfaatan, program latihan kombinasi passing, dribble dan shooting ini bisa digunakan dan dimanfaatkan untuk dipakai saat latihan, serta menambah variasi latihan bagi pelatih untuk peningkatan keterampilan bermain bolabasket. Saran untuk penelitian selanjutnya, diharapkan melalui penelitian lain dapat disajikan sebagai bekal untuk mengkaji lebih dalam serta dikembangkan dalam bentuk penelitian lain dengan variabel bebas yang berbeda atau ditambah dengan variabel kontrol dengan subjek penelitian yang lebih luas.

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

Putra, Septianto Andika. 2017. Effect of Passing, Dribbling and Shooting Combination Practice Model on Basketball Skill Improvement for Basketball Extracurricular Students in SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang. Undergraduate Thesis, Coaching Education Department, Faculty of Sport Science State University of Malang. Advisor: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes., (II) Dr. dr. Moch. Yunus, M.Kes.

 

Keyword: Basketball skills including dribbling, passing and shooting

 

Basketball game cannot be separated from the movement skills that must be mastered by its players. The basic techniques of basketball game demand for movement skills. The basic techniques of basketball such as dribbling, passing, and shooting have a close relationship, it can be combined to get the desired skill. Then, it can be the alternative model of practice which is passing, dribbling and shooting combination. The practice model is done to prevent students’ boredom so it can improve the students’ basic basketball techniques in SMA Lab UM Malang.

The aim of this research was to know the effect of combination of passing, dribbling, and shooting practice to improve basketball extracurricular students’ skills in SMA Lab UM Malang. The students were given 18 treatments for 6 weeks. Pre-test was conducted before the treatment and post-test was conducted after the last meeting. This design employed one experimental group only without control group. The subject of this research was 30 male students of basketball extracurricular in SMA Lab UM. The data was collected using a basketball skill test. Then, the collected data was analyzed using Paired Sample T Test in SPSS version 22.0.

The result of paired t-test indicated that the t value was 13.579, it was higher than the t table value using 0.05 level of significance which showed 2.045. It indicated that the basketball skill of basketball extracurricular students in SMA Lab UM improved. So it could be concluded that there was a significant effect of passing, dribbling and shooting combination practice on basketball extracurricular students’ skill improvement in SMA Lab UM.

As the suggestion, this passing, dribbling and shooting combination practice program can be used and utilized during practice, it also becomes a variant of  basketball practices for coaches in order to improve basketball skills. For future researchers, it is expected that this research can be a reference to examine more deeply and to develop other studies with different independent variables control variables with a wider subject of research.