SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Mengajar Komando dan Gaya Mengajar Resiprokal terhadap Hasil Belajar Keterampilan Passing Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola di SMP Negeri 6 Malang.

gilang ramadhan

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepakbola adalah suatu pertandingan yang dimainkan 2 tim yang masing-masingberanggotakan 11 orang pemain, masing-masing mempertahankan sebuah gawang dan menjebolgawanglawan.Dalampermainansepakbolasalahsatuteknikpenting yang harusdikuasaiadalahpassing.Dalampermainansepakbolasalahsatuteknikpenting yang harusdikuasaiadalahpassing.Passing merupakanupayamemberikan bola kepadatemanuntukmenguasaipermainandapatdilakukandenganseluruhanggotabadankecualitangan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando dan gayamengajarresiprokal terhadaphasilbelajarketerampilanpassingpada pesertaekstrakurikulersepakbola di SMPNegeri 6 Malang.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimendenganmatching pretest-posttest comparison group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang yang sebanyak 20 orang, kemudian dibagi menjadi dua kelompok menggunakan teknik ordinal pairing matching yaitu kelompok perlakuan gaya mengajar komandoberjumlah 10 orang dan kelompok perlakuangayamengajarresiprokalberjumlah 10 orang. Analisis data dari penelitian ini menggunakan teknik analisis varians satu jalur.

Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) pembelajaran dengan perlakuan gayamengajarkomandomemberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMPNegeri 6 Malang (Fhitung13,21> Ftabel 4,41), (2) pembelajaran perlakuangayamengajarresiprokal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar keterampilan passing peserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6Malang (Fhitung 16,65> Ftabel4,41), (3) tidak ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan perlakuan gayamengajarkomando dan perlakuan gayamengajarresiprokalterhadap hasil belajar keterampilan passingpeserta ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 6 Malang (Fhitung0,28< Ftabel4,41),tetapiberdasarkan rata-rata skor akhir pembelajaran dengan perlakuan gayamengajarresiprokalmemberikan pengaruh yang lebih baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwagayamengajarresiprokalmemberikanpengaruh yang lebihbaikdibandinggayamengajarkomandountukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingsepakbolapesertaekstrakurikuler SMP Negeri 6 Malang.

 

Saran yang dapatdiberikanpenelitikepadapelatihekstrakurikulersepakbola SMP Negeri 6 Malang sebaiknyamenggunakangayamengajarresiprokalsebagaibentukpembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarketerampilanpassingsepakbola.