SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan model latihan koordinasi pada dribble untuk pemain sepakbola usia 16 tahun SSB Semen Gresik Tuban

Moch Najib Ridwan

Abstrak


 ABSTRAK

Ridwan, Moch Najib. 2017. Pengembangan Model Latihan Koordinasi Pada Dribble  Melewati Lawan Untuk Pemain Usia 16 Tahun SSB Semen Gresik Tuban. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing:  (1) Dr. Roesdiyanto, M.Kes, (2) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

Kata Kunci: model latihan koordinasi, dribble, sepakbola

Dribble merupakan salah satu teknik pada permainan sepakbola. Teknik gerakan dribble sangat dibutuhkan dalam permainan sepakbola. Teknik dribble pada pemain sepakbola sangat mempengaruhi kwalitas performa dari pemain.

Berdasarkan observasi peneliti di SSB Semen Gresik Tuban, untuk peserta latihan usia 16 tahun yang terdiri dari 26 anak terdapat permasalahan pada permainan sepakbola khususnya pada kemampuan dribble.Hasilnya diketahui bahwa (1) dari 26  pemain, 21 (80,7%) diantaranya telah melakukan teknik passing dengan benar dan tepat sasaran (2) dari 26 pemain, 12 (46,1%) diantaranya telah melakukan teknik dribbling dengan benar dan tepat sasaran (3) dari 26 pemain, 21 (80,7%)  diantaranya telah melakukan teknik shooting dengan baik dan benar. Selain hasil dari pengamatan, peneliti juga melakukan observasi analisis kebutuhan dengan memberikan angket kuesioner yang mengarah pada proses latihan telah didapatkan data 69% peserta kurang bisa melakukan latihan secara maksimal dengan alasan sulit dan juga membosankan, sedangkan data yang diperoleh dari pelatih juga membutuhkan tambahan variasi cara model latihan dribble.

Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan (research and development). Dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian yang diambil oleh peneliti adalah model penelitian dan pengembangan prosedural. Teknik anlisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan presentase.

Dalam penelitian dan pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah model latihan koordinasi pada dribble. Model latihan koordinasi yang diberikan adalah “Dribble pressing” latihan ini memperioritaskan gerakan koordinasi tubuh ketika diprssing lawan ketika dribble. “Dribble feeling” latihan ini lebih fokus untuk melewati lawan lebih dari satu. “Dribble respon”, latihan ini ditujukan untuk melatih koordinasi dribble merubah arah secara cepat.

Berdasarkan data hasil uji coba produk I (10 subyek) dapat disimpulkan bahwa lebih dari 80% dari subyek uji coba peserta latihan usia 16 tahun SSB Semen Gresik Tuban menyatakan bahwa model latihan ini menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Berdasarkan data hasil uji coba produk II (30 subyek) dapat disimpulkan bahwa lebih dari 80% peserta latihan usia 16 tahun SSB Semen Gresik Tuban menyatakan bahwa model latihan ini menyenangkan dan mudah untuk dilakukan. Sehingga produk pengembangan model latihan koordinasi pada dribble  melewati lawan untuk pemain usia 16 tahun ssb semen gresik tuban ini dapat digunakan sebagai alternatif untuk melatih keterampilan teknik dribble.