SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH VARIASI LATIHAN DRIBBLING DRILL TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DRIBBLING PEMAIN SEPAKBOLA USIA 16 TAHUN AKADEMI WAHANA CITRA PESEPAKBOLA KABUPATEN GRESIK

Alief Syafrizal Muhammadin

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Muhammadin, Alief Syafrizal. 2017. PengaruhVariasi Latihan Dribbling Drill Terhadap Keterampilan Teknik Dribbling Pemain Sepakbola Usia 16 Tahun Akademi Wahana Citra Pesepakbola Kabupaten Gresik. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes., (II) Dr. Sapto Adi, M.Kes.

 

Kata kunci:dribbling sepakbola,variasi latihan dribbling drill, pemain sepakbola usia 16 tahun

 

Sepakbola adalah olahraga beregu yang menggunakan bola sepak, tiap regu terdiri dari 11 orang pemain dan beberapa pemain cadangan. Dribbling termasuk salah satu teknik yang digunakan dalam sepakbola. Definisi dribblingadalahsuatu keterampilan penguasaan/mengubah arah bola dengan kaki saat bergerak didalam sebuah permainan. Tujuan utama dribbling yaitu mengalahkan lawan dengan bola tetap dalam penguasaan, jika itu berhasil maka kemungkinan mencetak gol akan lebih besar.

Metodepenelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan melibatkan dua variabelyaitu variabel sebab dan variabel akibat. Variasi latihan dribbling drill sebagai variabel sebab dan keterampilan teknik dribbling sepakbola meningkat sebagai variabel akibat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi latihandribbling drillterhadapketerampilan teknikdribbling pemain sepakbolausia 16 tahun Akademi Wahana Citra Pesepakbola Kabupaten Gresik.

Penelitian ini menggunakanjenis penelitian preexperimental dengan pola rancangan desain prates-pascates satu kelompok (the one group pretest-posttest design). Dalam rancangan ini, kelompok eksperimen tidak diambil secara acak atau pasangan, juga tidak ada kelompok pembanding, tetapi tetap diberi tes awal dan tes akhir disamping perlakuan. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain sepakbola usia 16 tahun yang berlatih di Akademi Wahana Citra Pesepakbola Kabupaten Gresik yang berjumlah 24 orang. Analisis data dari penelitian ini yaitu menggunakan uji-t amatan ulangan.

Dari hasil analisis data, berdasarkan hasil uji hipotesis yang menggunakan analisis statistik uji beda pada kelompok eksperimen diperoleh Thitung = 164,122> dari Ttabel 5% = 2,069 dengan derajad kebebasan = 24 – 1 = 23, berarti signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa variasi latihan dribblingdrill yang dibuat oleh peneliti mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan keterampilan teknik dribbling pemain sepakbola usia 16 tahun Akademi Wahana Citra Pesepakbola Kabupaten Gresik.

Saran yang dapat diberikan kepada pelatih Akademi Wahana Citra Pesepakbola Kabupaten Gresik adalah sebaiknya menggunakan metode latihan yang lebih bervariasi dan menggunakan kombinasi dribbling drill sebagai alternatif dalam memberikan latihan, karena latihan ini terbukti dapat meningkatkan keterampilan teknikdribbling secara signifikan.