SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan antara Kecepatan, Kelincahan dan Timang-Timang Bola Dengan Kemampuan Menggiring Bola Siswa SSB U-14 Putra Jaya Kota Batu

Mochamad Murokib

Abstrak


ABSTRAK

 

Menggiring bola merupakan salah satu unsur penting dalam permainansepakbola. Untuk mendukung kemampuan menggiring bola, latihan kecepatan, kelincahan dan keterampilan timang-timang bolasangat berperan untuk meningkatkan kemampuan menggiring bola. Maka Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecepatan, kelincahan, dan keterampilan timang-timang bola dengan kemampuan menggiring bola SSB U-14 Putra Jaya Kota Batu.

Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan tiga variabel bebas yaitu: kecepatan (X1) kelincahan (X2) dan timang-timang bola(X3)serta satu variabel terikat yaitu: kemampuan menggiring bola (Y). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta siswa SSB U-14 Putra Jaya Kota Batu berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, yaitu dengan instrumen tes lari 40  meter dari Widodo untuk mengukur kecepatan, tes model Z untuk mengukur kelincahan,dan tes menimang-nimang bola rendah selama 60 detik, serta tes menggiring bola untuk mengukur kemampuan menggiring boladari Dany Milke. Dalam penelitian ini, pengujian data dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Uji prasyarat analisis dalam penelitian ini terdiri dari uji normalitas sedangkan uji hipotesis terdiri dari korelasi product moment dan regresi ganda.

Hasil penelitian ini adalah ada hubungan yang signifikan (1) antara kecepatan dengan kemampuan menggiring bola (rhitung 0,542 > rtabel 0,361) ,(2) kelincahan dengan kemampuan menggiring bola signifikan (rhitung 0,463 > rtabel 0,361) (3) timang-timang bola dengan kemampuan menggiring bola (rhitung 0,677 > rtabel 0,361), (4) kecepatan, kelincahan, timang-timang bola dengan kemampuan menggiring bola (fhitung8,821 > ftabel 0,298). Sumbangan relatif kecepatan sebesar 20,71%, kelincahan 16,78%, timang-timang bola 62, 51% dan Sumbangan efektif kecepatan sebesar 10,44%, kelincahan 8,47%, timang-timang bola 31,54%.

 

Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan ada hubungan signifikan antara kecepatan dengan kemampuan menggiring bola, ada hubungan signifikan antara kelincahan dengan kemampuan menggiring bola, ada hubungan signifikan antara timang-timang dengan kemampuan menggiring bola dan ada hubungan signifikan ketiga variabel tersebut yaitu hubungan antara kecepatan, kelincahan dan timang-timang bola dengan kemampuan menggiring bola dalam permainan sepakbola.