SKRIPSI Jurusan Pendidikan Kepelatihan Olahraga - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Latihan Speed Ladder terhadap Peningkatan Kelincahan Pada Siswa Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja Di MI Khadijah Kota Malang

faizal agung darojat

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: latihan speed ladder, kelincahan, ekstrakurikuler tenis meja

 

Tenis meja merupakan permainan yang menampilkan bola pertama ke meja penyaji diawali dengan servis, bola harus melewati atas net dan masuk ke sasaran meja lawan dan juga mengembalikan bola setelah memantul di meja dengan menggunakan bet untuk memukul bola. Kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Khadijah Malang, menunjukan adanya masalah yaitu, kemampuan bermain tenis meja yang kurang dan tidak adanya variasi latihan yang fungsinya untuk meningkatkan kelincahan pada saat permainan tenis meja, peserta ekstrakurikuler  membutuhkan jenis latihan yang bervariasi. Salah satu cara untuk meningkatkan kelincahan pada peserta ekstrakurikuler tenis meja adalah dengan menggunakan model latihan speed ladder yang unsur latihan di dalamnya mengandung kecepatan, kelincahan, keseimbangan, dan koordinasi gerak kaki yang dibutuhkan dalam permainan tenis meja.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan speed ladder terhadap peningkatan kelincahan pada siswa peserta ekstrakurikuler tenis meja di MI Khadijah Kota Malang.

Rancangan penelitian yang di pakai adalah pra-eksperimental, mengungkapkan hubungan sebab akibat hanya dengan melibatkan satu kelompok perlakuan.karena tidak melibatkan kelompok kontrol dan sampel tidak dipilih secara random.Hasil eksperimen merupakan variabel terikat masih dipengaruhi oleh variabel bebas.Subjek dalam penelitian dilakukan secara purposive sampling.Subjek yang digunakan peneliti adalah seluruh peserta ekstrakurikuler tenis meja di MI Khadijah Kota malang yang berjenis kelamin laki-laki, dengan jumlah 27 anak dan tingkatan umur 10 – 12 tahun.

Berdasarkan hasil tes awal dan tes akhir sebesar 632,2663 dan T tabel 2,056 dengan taraf signifikansi  = 0,05, maka dari itu T hitung = 632,2663> T tabel dengan taraf signifikansi = 2,056 dengan derajat kebebasan 27-1 = 26. Maka hipotesis nihil yang menyatakan tidak ada peningkatan hasil tes awal dan tes akhir kelincahan tenis meja mengunakan latihan speed ladder di tolak.

 

Berdasarkan kesimpulan bahwa hasil penelitian bahwa progam latihan speed ladder memiliki pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kelincahan pada siswa peserta ekstrakurikuler tenis meja di MI Khadijah Kota Malang.Adapun progam latihan yang diberikan oleh peneliti bertujuan baik, yaitu utuk meningkatan kelincahan kaki pada siswa peserta ekstrakurikuler tenis meja, di samping latihan teknik latihan fisik juga perlu diberikian kepada siswa. Latihan ini selain bertujuan untuk meningkatkan teknik juga untuk sebagai variasi dalam pemberian materi latihan, sehingga kebosanan yang sering di alami oleh atlet bisa diatasi.